Page 94 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 94

Pendidikan )arak )auh   •



          Dengan  sifatnya  yang  massal  ini,  maka  manajemen  PTJJ  lebih
      seperti  manajemen  industri.  Sistemnya  yang  sangat  terbuka  dalam
      pendidikan  jarak jauh  sangat  berpengaruh  terhadap  pola  pengelola-
      an  dalam  penyelenggaraan  pendidikan.  Karena  bersifat  terbuka,
      perkuliahan  dapat  diberikan  secara  massal.  Misalnya  satu  mata
      kuliah  dalam  sebuah  perguruan  tinggi  tatap  muka  hanya  diberikan
      oleh  seorang  atau  satu  tim  pengajar  dalam  satu  ruang  atau  tempat
      tertentu,  tetapi  dalam  sistem  PTJJ  satu  mata  kuliah  dapat  diberikan
      secara  massal   kepada  banyak  mahasiswa  dari  berbagai  penjuru
      dalam  satu  semester  tertentu.  Pemberian  materi  perkuliahan  dalam
      perguruan  tinggi  tatap  muka  hanya  diberikan  oleh  satu  atau  tim
      tenaga  pengajar tertentu  untuk  mahasiswa tertentu  dan  dalam  kelas
      tertentu,  sementara  itu  dalam  sistem  PTJJ  materi  perkuliahan  dapat
      diproduksi  secara  massal  untuk diberikan  kepada  mahasiswa  secara
      luas.  Untuk  memudahkan  mahasiswa  dalam  memilih  cara  dan
      waktu  belajar,  bahan  ajar  dalam  PTJJ  harus  dikembangkan  melalui
      berbagai  media  pembelajaran  yang  biasanya  d isebut  bah an  ajar
      multi media.  Dengan kemajuan teknologi  informasi dan  komunikasi,
      bahan  ajar  untuk  PTJJ  dapat  menggunakan  bahan  ajar  multi  media
      yang  sifatnya  interaktif,  sehingga  ketidakhadiran  pengajar  secara
      tatap  muka  dapat  digantikan  oleh  media.  Dengan  kemajuan
      teknologi  informasi  dan  komunikasi  pula,  belajar  jarak jauh  dapat
      dilakukan  secara  interaktif  langsung  (online)  antara  mahasiswa  dan
      dosen  (tutor),  baik  dilakukan  secara  individual  maupun  secara
      kelompok.  Pada  awal  perkembangan  PTJJ,  interaksi  antara  tutor dan
      mahasiswa  secara  langsung seperti  ini  hanya dapat dilakukan  dalam
      forum tutorial tatap muka.

          Sistem  yang  massal  tersebut  telah  mempengaruh i  struktu r·
      organisasi  dalam  sebuah  PTjj.  Struktur  organisasi  perguruan  tinggi
      tatap  muka  tidak  dapat  diterapkan  dalam  PTJJ.  Ketika  UT  berdiri
      pada  tahun  1984,  struktur  organisasi  UT  mengikuti  pola  struktur
      organisasi  perguruan  tinggi  tatap  muka.  Hal  itu  terjadi  karena  pada


      76
   89   90   91   92   93   94   95   96   97   98   99