Page 90 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 90
Pendidikan ]arak ]auh •
Subsistem pengembangan bahan ajar memerlukan sarana dan
prasarana yang mirip dengan yang diperlukan oleh sebuah fakultas
pada perguruan tinggi reguler, yaitu untuk mengembangkan
program studi, mengembangkan kurikulum, dan mengembangkan
bahan ajar dan soal ujian. Hanya saja untuk keperluan PTJJ, ruang
pertemuan untuk kegiatan masing-masing tersebut harus disediakan
lebih banyak karena pengembangan masing-masing kegiatan
subsistem tersebut melibatkan lebih banyak orang. Apalagi bila
bahan ajar terdiri dari bahan ajar cetak dan noncetak, lebih banyak
keahlian yang diperlukan untuk semua kegiatan tersebut, yang
mengakibatkan keperluan sarana dan prasarana yang bertambah
banyak, seperti ruang-ruang sidang dengan peralatan untuk
memaparkan hasil-hasil bahasan dalam bentuk cetak, suara, gambar,
dan video. Pengembangan bahan ajar cetak memerlukan komputer
dengan perangkat lunak penerbitan yang cukup baik, sedangkan
bahan ajar audio dan video memerlukan studio rekaman audio dan
studio yang lengkap.
Subsistem reproduksi bahan ajar mempunyai dua komponen,
pencetakan bahan cetak dan pengadaan bahan audio visual. PTJJ
tidak perlu mempunyai percetakan sendiri, kecual i untuk bah an
cetak yang dirahasiakan, seperti pencetakan soal-soal ujian.
Beberapa PTJJ besar, seperti STOU sejak semula mempunyai
percetakan karen a tidak mau tergantung dari percetakan I uar. UT
sejak semula memang tidak didesain untuk mempunyai percetakan
sendiri, karena percetakan di luar sudah memenuhi syarat, kecuali
untuk mencetak bahan yang dirahasiakan. Sangat sulit untuk
menjaga kerahasiaan soal-soal ujian, apabila mengambil percetakan
dari luar dan biayanya cukup mahal, karena percetakan yang dapat
menjaga kerahasiaan memang harus mempunyai fasilitas-fasilitas
khusus. Karena itu, UT mengembangkan percetakannya sendiri yang
khusus mencetak soal-soal ujian. Di samping itu, percetakan
sederhana UT juga dapat mencetak untuk keperluan kantor sendiri.
72