Page 85 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 85

•   Pendidikan )arak )auh  pada Tingkat Pendidikan Tinggi


            kemajuan  belajarnya.  Nilai  yang  diperoleh  mahasiswa  dari  evaluasi
            diri  ini  tidak diperhitungkan  dalam  nilai  akhir.  Selanjutnya  terdapat
            tugas  dari  tutor  yang  harus  dikerjakan  mahasiswa  dan  diserahkan
            kepada  tutor.  Tugas  ini  disebut  tugas  yang  diperiksa  tutor  (TOT).
            Tutor harus memberikan  umpan balik dan juga penilaian pada setiap
            tugas  yang  diserahkan.  Nilai  tugas  ini  berkontribusi  terhadap  nilai
            akhir  mahasiswa  yang  akan  ditambahkan  pada  nilai  sumatif  yang
            diperoleh  dari  ujian  akhir  semester.  Ujian  akhir  semester  ini
            dilaksanakan  di  pusat-pusat  tutorial,  diawasi  oleh  staf  pada  pusat
            tutorial tersebut dan dimonitor oleh staf BOU.



            D.  Tenaga Kependidikan


               Tenaga  kependidikan  bagi  PTJJ  sangat  beragam,  tidak  hanya
            sebagai  penel iti  dan  pengajar seperti  pad a perguruan  tinggi  reguler.
            Tenaga  kependidikan  pada  PTJJ  ada  yang  berupa  tenaga  pinjaman
            dari  lembaga  lain,  karena  tugasnya  terbatas,  sehingga  tidak  efisien
            bilamana PTJ)  sendiri  mempunyai tenaga tersebut.  Kalau  PTJJ  merasa
            perlu mempunyai tenaga tersebut,  tenaga itu tidak mendapatkan satu
            jenis tugas tetapi  harus merangkap tugas  lainnya.
                Rincian tenaga PTJJ  adalah  sebagai  berikut:

            1.  Ahli  materi,  yaitu  mereka  yang  menentukan  dan  pada
                umumnya, juga ikut mengembangkan  mata  pelajaran  pada  PTjj.
                Di  UT  ahli  materi  banyak  yang  dipinjam  dari  perguruan  tinggi
                reguler.  Dengan  demikian,  maka  UT dapat  mempekerjakan  ahli
                materi  yang  terbaik  yang  dapat  direkrutnya.  Ahli  materi  ini
                kemudian  ditempatkan  sebagai  anggota  tim  pengembang  mata
                pelajaran  yang  bertugas  menentukan  materi  apa  yang  peri u
                dipelajari mahasiswa.






                                                                     67
   80   81   82   83   84   85   86   87   88   89   90