Page 85 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 85
• Pendidikan )arak )auh pada Tingkat Pendidikan Tinggi
kemajuan belajarnya. Nilai yang diperoleh mahasiswa dari evaluasi
diri ini tidak diperhitungkan dalam nilai akhir. Selanjutnya terdapat
tugas dari tutor yang harus dikerjakan mahasiswa dan diserahkan
kepada tutor. Tugas ini disebut tugas yang diperiksa tutor (TOT).
Tutor harus memberikan umpan balik dan juga penilaian pada setiap
tugas yang diserahkan. Nilai tugas ini berkontribusi terhadap nilai
akhir mahasiswa yang akan ditambahkan pada nilai sumatif yang
diperoleh dari ujian akhir semester. Ujian akhir semester ini
dilaksanakan di pusat-pusat tutorial, diawasi oleh staf pada pusat
tutorial tersebut dan dimonitor oleh staf BOU.
D. Tenaga Kependidikan
Tenaga kependidikan bagi PTJJ sangat beragam, tidak hanya
sebagai penel iti dan pengajar seperti pad a perguruan tinggi reguler.
Tenaga kependidikan pada PTJJ ada yang berupa tenaga pinjaman
dari lembaga lain, karena tugasnya terbatas, sehingga tidak efisien
bilamana PTJ) sendiri mempunyai tenaga tersebut. Kalau PTJJ merasa
perlu mempunyai tenaga tersebut, tenaga itu tidak mendapatkan satu
jenis tugas tetapi harus merangkap tugas lainnya.
Rincian tenaga PTJJ adalah sebagai berikut:
1. Ahli materi, yaitu mereka yang menentukan dan pada
umumnya, juga ikut mengembangkan mata pelajaran pada PTjj.
Di UT ahli materi banyak yang dipinjam dari perguruan tinggi
reguler. Dengan demikian, maka UT dapat mempekerjakan ahli
materi yang terbaik yang dapat direkrutnya. Ahli materi ini
kemudian ditempatkan sebagai anggota tim pengembang mata
pelajaran yang bertugas menentukan materi apa yang peri u
dipelajari mahasiswa.
67