Page 84 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 84

Pendidikan )arak )auh   •



      mata  kuliah  yang  benar-benar  memerlukan  tes  lisan,  seperti  mata
      kuliah berbicara atau speaking.

          Berbeda  dengan  PTTM,  yang  soal  tesnya  dikembangkan  oleh
      dosen  yang  memberikan  mata  kuliah  atau  penanggung  jawab  mata
      kuliah,  pengembangan  soal  tes  dalam  PTJJ  mengikuti  prosedur
      tertentu  dan  melibatkan  banyak  orang.  Langkah  pertama  yang harus
      dilakukan  adalah  mengembangkan  kisi-kisi.  Setelah  kisi-kisi  selesai
      ditulis  dan  ditelaah  serta  dinyatakan  dapat  digunakan,  baru
      kemudian  dikembangkan  soal  berdasarkan  kisi-kisi  tersebut.  Besar
      kemungkinan  penulis  kisi-kisi  berbeda  dengan  penulis  soal,
      demikian pula berbeda orangnya dengan penelaah  kisi-kisi  dan  soal.
      Oleh  karena  itu,  banyak  orang  yang  terlibat  dalam  pengembangan
      soal.  Namun  tentu  mereka  yang  terlibat  adalah  mereka  yang
      memiliki keahlian  bidanglmata kuliah yang sama.
          Ujian  dalam  sistem  PTJJ  pada  umumnya  dilaksanakan  serentak
      dan  massal.  Oleh  karena  itu,  diperlukan  ruang  dan  pengawas  yang
      cukup banyak.  Untuk ini  PTJJ  dapat bekerja sama  dengan  perguruan
      tinggi  tatap  muka  dalam  pengadaan  ruang  dan  pengawas.  Saat  ini
      beberapa  PTJJ  telah  menerapkan  ujian  berbasis  komputer atau  ujian
      online.  Dengan  ujian  online,  mahasiswa  dapat  melakukan  ujian
      secara  individual tanpa harus duduk bersama dalam satu  ruang.
          Pada  umumnya  penilaian  di  PTJJ  sangat  bertumpu  pada  ujian
      akhir  semester.  Mahasiswa  KNOU  misalnya,  mendapatkan  nilai
      yang  diperoleh  dari  ujian  akhir  semester  berbentuk  pilihan  ganda
      sebesar  70%.  Selebihnya,  nilai  diperoleh  dari  tugas  dan  tes  tengah
      semester  berbentuk  esai  dan  kehadiran  dalam  tutorial  untuk  mata
      kuliah yang ditutorialkan.

          Berbeda  dengan  KNOU,  BOU  menggunakan  tes  formatif  dan
      sumatif untuk  menilai  keberhasilan  mahasiswa.  Tes  formatif  adalah
      penilaian  berkelanjutan  yang  merupakan  evaluasi  diri  di  dalam
      modul.  Evaluasi  diri  ini  dibuat  agar  mahasiswa  dapat  memonitor



      66
   79   80   81   82   83   84   85   86   87   88   89