Page 80 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 80
Pendidikan )arak )auh •
terdapat tiga jenis interaksi yang perlu diketahui oleh para praktisi
PTJJ, yaitu interaksi antara mahasiswa-materi bahan ajar, interaksi
antara mahasiswa-tutor, dan interaksi antarmahasiswa. T ugas
penyelenggara PTJJ adalah menyediakan fasilitas agar ketiga jenis
interaksi tersebut dapat terjadi, sehingga mahasiswa dapat
memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhannya. Sering ditemukan
bahwa institusi penyelenggara pendidikan jarak jauh hanya
memfokuskan diri untuk mengembangkan satu jenis interaksi saja,
sehingga jenis interaksi yang lain tidak berkembang dengan baik.
Hal ini perlu dihindari mengingat mahasiswa PTJJ memiliki gaya
belajar yang berbeda.
Sebagian mahasiswa PTJJ cenderung untuk belajar sendiri sesuai
dengan waktu dan kesempatan yang mereka miliki. Mereka
cenderung untuk melakukan interaksi langsung dengan materi mata
kuliah yang diambilnya. Sangat sedikit kesempatan bagi mereka
untuk dapat berinteraksi dengan dosen/tutor atau dengan sesama
mahasiswa. Agar mereka dapat berinteraksi secara optimal dengan
materi tersebut, PTJJ harus menyediakan bahan ajar yang baik, yang
memungkinkan mahasiswa dapat berinteraksi dan memahami materi
mata kuliah tersebut dengan baik. Bahan ajar ini dapat berbentuk
cetak seperti modul ataupun noncetak, seperti audio dan video
kaset, dan juga program berbasis komputer.
Selanjutnya, PTJJ perlu menyediakan fasilitas agar mahasiswa
dapat melakukan proses belajar melalui interaksi dengan dosen.
Untuk itu, PTJJ dapat menyediakan berbagai bentuk media agar
terjadi interaksi antara mahasiswa dan tutor, seperti tutorial tatap
muka, tutorial tertulis, tutorial elektronik, dan konferensi-tele.
Sebagian besar mahasiswa menyukai bentuk interaksi ini. Melalui
interaksi antara mahasiswa-tutor, hal-hal yang sulit mereka pahami
dapat dijelaskan dengan baik. Melalui interaksi ini pula, terjadi
perluasan materi dan pembahasan berbagai contoh. Mahasiswa
62