Page 80 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 80

Pendidikan )arak )auh   •



      terdapat  tiga  jenis  interaksi  yang  perlu  diketahui  oleh  para  praktisi
      PTJJ,  yaitu  interaksi  antara  mahasiswa-materi  bahan  ajar,  interaksi
      antara  mahasiswa-tutor,  dan  interaksi  antarmahasiswa.  T  ugas
      penyelenggara  PTJJ  adalah  menyediakan  fasilitas  agar  ketiga  jenis
       interaksi  tersebut  dapat  terjadi,   sehingga   mahasiswa  dapat
      memanfaatkannya  sesuai  dengan  kebutuhannya.  Sering  ditemukan
      bahwa  institusi  penyelenggara  pendidikan  jarak  jauh  hanya
       memfokuskan  diri  untuk  mengembangkan  satu  jenis  interaksi  saja,
      sehingga  jenis  interaksi  yang  lain  tidak  berkembang  dengan  baik.
       Hal  ini  perlu  dihindari  mengingat  mahasiswa  PTJJ  memiliki  gaya
      belajar yang berbeda.
          Sebagian  mahasiswa  PTJJ  cenderung untuk belajar sendiri  sesuai
      dengan  waktu  dan  kesempatan  yang  mereka  miliki.  Mereka
      cenderung  untuk  melakukan  interaksi  langsung dengan  materi  mata
       kuliah  yang  diambilnya.  Sangat  sedikit  kesempatan  bagi  mereka
       untuk  dapat  berinteraksi  dengan  dosen/tutor  atau  dengan  sesama
       mahasiswa.  Agar  mereka  dapat  berinteraksi  secara  optimal  dengan
       materi  tersebut,  PTJJ  harus  menyediakan  bahan  ajar yang baik,  yang
       memungkinkan mahasiswa dapat berinteraksi dan  memahami materi
       mata  kuliah  tersebut  dengan  baik.  Bahan  ajar  ini  dapat berbentuk
       cetak  seperti  modul  ataupun  noncetak,  seperti  audio  dan  video
       kaset,  dan juga program berbasis komputer.
          Selanjutnya,  PTJJ  perlu  menyediakan  fasilitas  agar  mahasiswa
       dapat  melakukan  proses  belajar  melalui  interaksi  dengan  dosen.
       Untuk  itu,  PTJJ  dapat  menyediakan  berbagai  bentuk  media  agar
       terjadi  interaksi  antara  mahasiswa  dan  tutor,  seperti  tutorial  tatap
       muka,  tutorial  tertulis,  tutorial  elektronik,  dan  konferensi-tele.
       Sebagian  besar  mahasiswa  menyukai  bentuk  interaksi  ini.  Melalui
       interaksi  antara  mahasiswa-tutor,  hal-hal  yang  sulit  mereka  pahami
       dapat  dijelaskan  dengan  baik.  Melalui  interaksi  ini  pula,  terjadi
       perluasan  materi  dan  pembahasan  berbagai  contoh.  Mahasiswa




       62
   75   76   77   78   79   80   81   82   83   84   85