Page 76 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 76

Pendidikan )arak )auh   •



           Model  tim  kurikulum  diterapkan  di  banyak  PTJJ.  Bangladesh
       Open  University  (BOU)  (Islam   &  Haque,  2001)  misalnya,
       mengembangkan  kurikulumnya  dengan  cara  membentuk  panitia
       pengembang  kurikulum.  Panitia  ini  dibentuk  di  setiap  fakultas  dan
       terd i  ri  dari  para  ah I i  dan  praktisi  dalam  bidang  a tau  program  yang
       dikembangkan.  Kemudian  panitia  ini  mengembangkan  kurikulum
       yang  selanjutnya  direviu  oleh  para  dosen  di  Fakultas  tersebut  dan
       akhirnya disetujui  oleh  Senat  Fakultas.  BOU  menawarkan  pendidik-
       an  untuk jenjang diploma, sarjana,  pascasarjana, dan  sertifikasi.
           Berbeda dengan  BOU yang mengembangkan  kurikulum  sendiri,
       A llama  Iqbal  Open  University  (A IOU)  (Sheikh,  2001)  di  Pakistan
       memiliki  kurikulum  yang  sama  dengan  universitas   di  negara
       tersebut  yang  berada  di  bawah  sistem  UGC  (the  University  Grants
       Committee).  Dengan  menggunakan  kurikulum  yang  sama,  maka
       hanya  proses  pembelajaran  di  AIOU  yang  berbeda  dengan  proses
       pembelajaran  di  universitas  lain  di  Pakistan.  AIOU  juga  menawar-
       kan  program-program diploma, sertifikat, sampai  program 53.
           The  Korea  National  Open  University  (KNOU)   menawarkan
       berbagai  program  pendidikan,  baik  program  berijazah  maupun
       diploma.  Namun  KNOU  hanya  menawarkan  program  51  dan
       program-program  nongelar  untuk  pendidikan  berkelanjutan.  Untuk
       lulus 51,  mahasiswa KNOU  harus menempuh minimal  140 sks  yang
       terdiri  dari  42  sks  mata  kuliah  umum  dan  66  sks  atau  lebih  mata
       kuliah  jurusan,  serta  lulus ujian akhir program  dengan  nilai minimal
       memuaskan.


       2.  Bahan Ajar Mandiri
           Bahan  ajar  merupakan  komponen  penting  dalam  sistem  PTJJ.
       Mahasiswa  sangat  bergantung pada  bahan  ajar yang tersedia  karena
       mereka  banyak  belajar  mandiri.  Oleh  karena  itu,  institusi  suatu  PTJJ
       harus  menyediakan  bahan  ajar  yang  lengkap  dan  interaktif  bagi


       58
   71   72   73   74   75   76   77   78   79   80   81