Page 75 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 75

•   Pendidikan )arak )auh  pada  Tingkat Pendidikan Tinggi



           menentukan perlu-tidaknya dilakukan revisi  terhadap bahan ajar dan
           kurikulum.
               Kelima  tahap  di  atas  adalah  proses  berkesinambungan  yang
           dalam  pelaksanaannya  mungkin  terjadi  bahwa  suatu  kegiatan  yang
           dilakukan  dalam  satu  tahap  akan  terjadi  atau  dilakukan  kembali
           pada  tahap  yang  lain.  Misalnya,  kegiatan  analisis  yang  biasanya
           dilakukan  dalam tahap  awal,  mungkin akan  terjadi  pada  tahap  yang
           lain  ketika  masalah  atau  pertanyaan  tentang validitas  pembelajaran,
           pembelajar, atau  lingkungan belajar muncul.
               Pengembangan  kurikulum  PTJJ  adalah  suatu  pekerjaan  yang
           melibatkan  kerja  suatu  tim  yang  terdiri  dari  dua  sampai  dua  puluh
           orang tergantung dari  besar dan  sifat  program  yang dikembangkan.
           Tim yang terdiri dari dua orang (ahli  mata  kuliah dan editor) disebut
           dengan  model  penulis-editor dan  tim yang terdiri  lebih dari  2 orang
           ahli  mata  kuliah  dan  pembelajaran  disebut  model  tim  kurikulum.
           Dari  segi  pembiayaan,  model  penulis-editor  hemat   dan  hasil
           kerjanya  cepat  karena  hanya  melibatkan  dua  orang  saja.  Namun
           demikian tim  ini tidak memiliki  ahli  pembelajaran;  materi  substansi
           dan  strategi  pembelajaran  hanya  berdasarkan  pengetahuan  dan
           pengalaman  satu  orang saja.  Sebaliknya, model tim kurikulum terdiri
           dari  ahli  mata  kuliah  dan  ahli  pembelajaran,  sehingga  kurikulum
           atau  bahan  ajar  yang  dihasilkan  akan  lebih  lengkap  dan  sempurna.
           Di samping itu, model tim kurikulum digunakan bila berbagai  media
           pembelajaran,  baik  cetak  maupun  noncetak  dikembangkan  karena
           banyak  tenaga  ahli  yang  harus  mengerjakannya,  sedangkan  model
           penulis-editor  cenderung  digunakan  sedikit  jenis  media  yang
           dikembangkan.  Kelemahan  dari  model  tim  kurikulum  adalah
           besarnya  biaya  yang  diperlukan  karena  banyak  orang  yang  terlibat,
           waktu  juga akan  lebih  lama karena dalam pengembangan kurikulum
           atau  bahan  ajar  banyak  dilakukan  diskusi  antaranggota  tim  untuk
           penyempurnaan hasil.




                                                                    57
   70   71   72   73   74   75   76   77   78   79   80