Page 74 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 74
Pendidikan )arak )auh •
Diagram 1. Proses Model Desain Sistem lnstruksional (DSI)
Desain
Anal isis Pengembangan
Evaluasi
Tahap pengembangan kurikulum dengan DSI dimulai dengan
tahap analisis. Pada tahap ini ditentukan keterampilan yang terlibat
dalam tugas atau aktivitas. Di samping itu, dalam tahap ini
ditentukan pula karakteristik mahasiswa, lingkungan belajarnya, dan
materi yang akan dipelajari mahasiswa agar dapat mencapai
keterampilan dalam tingkat tertentu. Selanjutnya adalah tahap
desain, yaitu tujuan, struktur, dan format pembelajaran dijabarkan
secara rinci. Bentuk soal tes dapat dikembangkan dalam tahap ini,
demikian pula dengan media pembelajaran.
Tahap pengembangan adalah tahap yang dilakukan setelah
penyelesaian desain. Dalam tahap ini, bahan ajar -baik yang
tercetak seperti modul dan petunjuk belajar, maupun noncetak
seperti audio dan video -mulai ditulis, diproduksi dan diuji coba.
Dalam tahap ini staf pengajar dan staf administrasi mulai disiapkan
dan dilatih, kemudian diikuti dengan tahap implementasi. Tahap
implementasi merupakan tahap penerapan kurikulum, yaitu
mahasiswa sudah teregistrasi, bahan ajar telah didistribusikan
kepada mahasiswa, dan tutorial dilaksanakan. Tahap terakhir adalah
tahap evaluasi yang meliputi kegiatan seperti uj-ian dan penilaian
terhadap mahasiswa, termasuk evaluasi terhadap bahan ajar dan
kurikulum itu sendiri. Hasil evaluasi ini dapat digunakan untuk
56