Page 74 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 74

Pendidikan )arak )auh   •


               Diagram 1. Proses Model  Desain Sistem lnstruksional (DSI)


                                Desain



             Anal isis                           Pengembangan




                      Evaluasi



           Tahap  pengembangan  kurikulum  dengan  DSI  dimulai  dengan
       tahap  analisis.  Pada  tahap  ini  ditentukan  keterampilan  yang  terlibat
       dalam  tugas  atau  aktivitas.  Di  samping  itu,  dalam  tahap  ini
       ditentukan  pula karakteristik  mahasiswa,  lingkungan  belajarnya, dan
       materi  yang  akan  dipelajari  mahasiswa  agar  dapat  mencapai
       keterampilan   dalam  tingkat  tertentu.  Selanjutnya  adalah  tahap
       desain,  yaitu  tujuan,  struktur,  dan  format  pembelajaran  dijabarkan
       secara  rinci.  Bentuk  soal  tes  dapat  dikembangkan  dalam  tahap  ini,
       demikian pula dengan media pembelajaran.
           Tahap  pengembangan  adalah  tahap  yang  dilakukan  setelah
       penyelesaian  desain.   Dalam  tahap  ini,  bahan  ajar  -baik  yang
       tercetak  seperti  modul  dan  petunjuk  belajar,  maupun  noncetak
       seperti  audio  dan  video  -mulai  ditulis,  diproduksi  dan  diuji  coba.
       Dalam  tahap  ini  staf pengajar dan  staf administrasi  mulai  disiapkan
       dan  dilatih,  kemudian  diikuti  dengan  tahap  implementasi.  Tahap
       implementasi   merupakan  tahap  penerapan   kurikulum,  yaitu
       mahasiswa  sudah  teregistrasi,  bahan  ajar  telah  didistribusikan
       kepada  mahasiswa,  dan  tutorial  dilaksanakan.  Tahap terakhir adalah
       tahap  evaluasi  yang  meliputi  kegiatan  seperti  uj-ian  dan  penilaian
       terhadap  mahasiswa,  termasuk  evaluasi  terhadap  bahan  ajar  dan
       kurikulum  itu  sendiri.  Hasil   evaluasi  ini  dapat  digunakan  untuk



       56
   69   70   71   72   73   74   75   76   77   78   79