Page 72 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 72

Pendidikan )arak )auh   •



       komunikasi  untuk  berkomunikasi  dalam  menyampaikan  informasi
       dan  bahan  ajarnya,  meskipun  sebagian  dari  bahan  ajarnya  masih
       terdiri dari modul-modul yang tercetak.
           Di  Indonesia  belum  banyak  dikenal  perguruan  tinggi  (PT)
       ,reguler  yang  menyelenggarakan  PJJ  modus  ganda.  Akan  tetapi  di
       Penang,  Malaysia,  Universiti  Sains  Malaysia  (USM)  sudah  lama
       menyelenggarakan  pendidikan  jarak jauh  modus ganda.  Di  samping
       pendidikan  reguler,  USM  juga  menyelenggarakan  pendidikan  jarak
       jauh.  Bagi  satuan  PTJJ  modus  ganda,  tidak  sulit  untuk  menyeleng-
       garakan  tutorial  dan  mencari  tutornya  karena  dapat  menggunakan
       fasilitas  dan  sumber  daya  manusianya  sendiri.  USM  juga  salah  satu
       dari  sedikit  PTJJ  yang  sebagian  besar  program  studinya  adalah
       bidang  sains.  Karena  itu,  pertemuan  tatap  muka  dalam  kampus
       menjadi  cukup  intensif  terutama  untuk  pelajaran-pelajaran  yang
       memerlukan  laboratorium.  Satuan  PTJJ  modus  ganda  juga  banyak
       terdapat  di  Australia.  Salah  satu  contohnya  adalah  Deakin
       University.  Deakin  sejak  semula  memang  direncanakan  untuk
       memberikan  PJJ  selain  pendidikan  konvensional.  Pada  waktu  ini
       Deakin,  yang  didirikan  pada  tahun  1974  oleh  negara  bagian
       Victoria,  sudah  merupakan  salah  satu  perguruan  tinggi  terbesar  di
       Australia  dengan   70.000   mahasiswa,   di  antaranya   13.000
       mahasiswa  mengikuti  pendidikan  jarak  jauhnya  (2004).  Deakin
       mempunyai  5  buah  kampus  di  Victoria  tetapi  tidak  mempunyai
       cabang regional.
           Open  Universities  of  Australia  (OUA),  yang  sebelumnya
       dinamakan  Open  Learning  Australia  adalah  contoh  PTJJ  modus
       konsorsium,  yang  berarti  sebanyak  7  universitas  di  Australia  secara
       bersama-sama  menyelenggarakan  pendidikan  jarak jauh.  OUA tidak
       mempunyai  lembaga  dan  fasilitas  PJJ  tersendiri,  tetapi  dalam  setiap
       perguruan  tinggi  yang  berpartisipasi  terdapat  unit  pendidikan  jarak
       jauhnya yang diserahi  mengkoordinasi  pengelolaan  mahasiswa yang




       54
   67   68   69   70   71   72   73   74   75   76   77