Page 68 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 68

Pendidikan )arak )auh   •



      masuk,  asalkan  memiliki  ijazah  setingkat  SL TA.  Terbuka  dapat  pula
      diartikan  bahwa materi  perkuliahan  UT dapat dilihat dan dinilai oleh
      siapa  saja.  Setiap  mata  kuliah  di  UT  dapat  diikuti  oleh  siapa  saja
      yang  berminat  untuk  mendalaminya.  Misalnya,  mereka  yang  ingin
      mendalami  keterampilan  atau  pengetahuan  tertentu  dapat  meng-
      ambil  mata  kuliah  tertentu  dan  mengikuti  ujiannya.  Terbuka  dapat
      juga diartikan secara  harfiah  bahwa belajar di  UT dapat dilakukan di
      alam terbuka dan tidak memerlukan ruang belajar khusus.
          Karena  sifatnya  yang  terbuka,  maka  karakteristik  PTJJ  adalah
      fleksibel.  Mahasiswa  dapat  mengikuti  satu  atau  beberapa  mata
      kuliah  saja.  Mereka  juga  dapat  mengambil  satu  program  studi  atau
      lebih  sekaligus.  Dengan  fleksibilitas  itu,  mahasiswa  juga  dapat
      menentukan  sendiri  kapan  belajarnya  dan  berapa  lama  ia  akan
      menyelesaikan  masa  studinya.  Karena  sifatnya  yang  fleksibel,
      mahasiswa  PTJJ  mempunyai  otonomi  yang  luas:  dapat  menentukan
      mata  kuliah  yang  akan  diambil,  menentukan  waktu  belajar,  dan
      memilih media pembelajarannya.
          Untuk  mendukung  sifat  tersebut  di  atas,  sifat  lain  dari  PTJJ
      adalah  multiakses.  PTJJ  harus  membuka akses  yang  lebih  besar bagi
      setiap  orang  yang  berminat.  Setiap  orang dapat  menjadi  mahasiswa
      PTJJ.  Komunikasi  antara  dosen  dan  mahasiswa  dapat  dilakukan
      melalui  berbagai  media,  seperti  telepon,  fax,  surat  (pos),  dan
      internet.  Media  pembelajaran  yang  digunakan  harus  memberi
      kemungkinan  kepada  mahasiswa  untuk  memilihnya.  Misalnya,
      mahasiswa  dimungkinkan  untuk  menggunakan  bahan  ajar  cetak
      maupun  noncetak  seperti  audio/video  (CD,  DVD),  komputer  (CAl,
       internet).
          Dengan  ciri-ciri  tersebut,  lembaga  PTJJ  berpeluang  untuk
      menjadi  perguruan  tinggi  raksasa  dengan  jumlah  mahasiswa  yang
      praktis  tak  terbatas.  Untuk  itu,  PTJJ  harus  dikelola  dengan
      manajemen  industri.  Bahan  ajar  UT harus diproduksi  secara  massal.




      50
   63   64   65   66   67   68   69   70   71   72   73