Page 68 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 68
Pendidikan )arak )auh •
masuk, asalkan memiliki ijazah setingkat SL TA. Terbuka dapat pula
diartikan bahwa materi perkuliahan UT dapat dilihat dan dinilai oleh
siapa saja. Setiap mata kuliah di UT dapat diikuti oleh siapa saja
yang berminat untuk mendalaminya. Misalnya, mereka yang ingin
mendalami keterampilan atau pengetahuan tertentu dapat meng-
ambil mata kuliah tertentu dan mengikuti ujiannya. Terbuka dapat
juga diartikan secara harfiah bahwa belajar di UT dapat dilakukan di
alam terbuka dan tidak memerlukan ruang belajar khusus.
Karena sifatnya yang terbuka, maka karakteristik PTJJ adalah
fleksibel. Mahasiswa dapat mengikuti satu atau beberapa mata
kuliah saja. Mereka juga dapat mengambil satu program studi atau
lebih sekaligus. Dengan fleksibilitas itu, mahasiswa juga dapat
menentukan sendiri kapan belajarnya dan berapa lama ia akan
menyelesaikan masa studinya. Karena sifatnya yang fleksibel,
mahasiswa PTJJ mempunyai otonomi yang luas: dapat menentukan
mata kuliah yang akan diambil, menentukan waktu belajar, dan
memilih media pembelajarannya.
Untuk mendukung sifat tersebut di atas, sifat lain dari PTJJ
adalah multiakses. PTJJ harus membuka akses yang lebih besar bagi
setiap orang yang berminat. Setiap orang dapat menjadi mahasiswa
PTJJ. Komunikasi antara dosen dan mahasiswa dapat dilakukan
melalui berbagai media, seperti telepon, fax, surat (pos), dan
internet. Media pembelajaran yang digunakan harus memberi
kemungkinan kepada mahasiswa untuk memilihnya. Misalnya,
mahasiswa dimungkinkan untuk menggunakan bahan ajar cetak
maupun noncetak seperti audio/video (CD, DVD), komputer (CAl,
internet).
Dengan ciri-ciri tersebut, lembaga PTJJ berpeluang untuk
menjadi perguruan tinggi raksasa dengan jumlah mahasiswa yang
praktis tak terbatas. Untuk itu, PTJJ harus dikelola dengan
manajemen industri. Bahan ajar UT harus diproduksi secara massal.
50