Page 63 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 63

•   Pendidikan  Dasar dan  Menengah )arak Jauh



           tanpa  dukungan  pemerintah  daerah,  sekolah  ini  tidaklah  mungkin
           dapat berjalan sesuai  harapan.
               SMP/MTs  dan  SMNMA  Terbuka  bukanlah  suatu  UPT  sendiri,
           tapi  merupakan  bagian  dari  sekolah  induknya.  Siswa  SMP/MTs dan
           SMNMA Terbuka terdaftar sebagai  siswa sekolah  induknya.  Dengan
           sendirinya  SMP/MTs  dan  SMNMA  Terbuka  tidak  memerlukan
           akreditasi  tersendiri.  Status  dari  sekolah terbuka  ini tidaklah  berbeda
           dengan sekolah  induknya.


            H.  Sekolah  Dasar dengan Sistem PAMONG


               Salah  satu  bentuk  penerapan  pendidikan  jarak  jauh  untuk
           jenjang  pendidikan  dasar  yang  pernah  dilakukan  adalah  Sekolah
            Dasar  dengan  sistem  PAMONG.  PAMONG  adalah  akronim  dari
            Pendidikan  Anak oleh  Masyarakat,  Orang Tua  dan  Guru.  PAMONG
            menurut  istilah  SEAMEO-INNOTECH  dikenal  dengan  nama  Solo
            Project  IMPACT (Instructional  Management by Parents,  Community
           and  Teacher).  Proyek  IMPACT  ini  dilaksanakan  di  Naga,  Cebu,
            Pilipina dengan nama Naga Project IMPACT.
               Proyek  eksperimen  Sekolah  Dasar  dengan  sistem  PAMONG
            mulai dilaksanakan di Indonesia pada  akhir tahun  1974. Eksperimen
           dilaksanakan di Desa Alastuwo dan  Kebak,  Kecamatan  Kebakkramat,
            Surakarta,  jawa  Tengah.  Proyek  PAMONG  dilaksanakan  atas  dasar
           adanya  kenyataan  bahwa  pada  tahun  1973  penduduk  usia  7  - 12
           tahun  yang  tertampung  di  Sekolah  Dasar  baru  57%.  Pada  tahun
            1978  (akhir  Pelita  II)  diharapkan  persentase  tersebut  dapat
           ditingkatkan  menjadi  85,2%.  Salah  satu  upaya  pemerintah  untuk
            menampung  anak  usia  SD  tersebut  adalah  mel a I u i  pembangunan
            gedung-gedung  SD  dan  pengangkatan  guru-guru  lnpres.  Namun,
           tantangan  pemecahan  masalah  pendidikan pada saat  itu tidak cukup
           dengan  dua  upaya  tersebut  di  atas  saja.  Pemerintah  perlu  mencari



                                                                    45
   58   59   60   61   62   63   64   65   66   67   68