Page 64 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 64

Pendidikan  Jarak Jauh   •



       alternatif  sistem   penyampaian   pendidikan   lain   yang  dapat
       meningkatkan  pemerataan  pendidikan  yang  efektif  dan  sekaligus
       ekonomis.
           Untuk mencapai  tujuan  di atas,  yaitu  meningkatkan  pemerataan
       pendidikan  yang  efektif  dan  ekonomis,  maka  langkah  pokok  yang
       mencirikan   sekolah  dengan  sistem  PAMONG  adalah  sebagai
       berikut:
       1.  mengubah  cara  belajar  siswa,  yaitu  siswa  mempelajari  sendiri
          bahan  pelajarannya,  tidak  terikat  oleh  jam-jam  atau  jadwal  dan
           ruang  kelas,  dan  maju  sesuai  dengan  kecepatan  belajarnya
          masing-masing;
       2.  mengubah  fungsi  guru  dari  seorang  pengajar  di  depan  kelas
           menjadi   seorang   pembina   pendidikan   yang   mengelola
          pendidikan anak di Pusat Kegiatan  Belajar (PKB);  dan
       3.   mendorong  pengerahan  daya  dan  dana  masyarakat  untuk  ikut
          serta berpartisipasi guna pemerataan pendidikan dasar.

          Sekolah  dengan  sistem  PAMONG  hanyalah  bentuk  alternatif
       dari  proses  penyampaian  pendidikan,  kurikulum  yang  digunakan
       tetap  menggunakan  kurikulum  pendidikan  dasar  yang  berlaku.
       Mengingat  siswa  harus  mempelajari  sendiri  bahan  pelajarannya,
       maka bahan  ajar yang digunakan dirancang untuk kebutuhan  belajar
       mandiri  dalam  bentuk  modul.  Buku-buku  pelajaran  yang  sesuai
       dengan  kurikulum  yang  berlaku,  diubah  ke  dalam  bentuk  modul.
       Modul  ini  dapat dan  boleh  dipelajari  di  mana  saja  dan  kapan  saja,
       sehingga  siswa  yang  terpaksa  harus  membantu  orang  tuanya  dan
       tidak  dapat  bersekolah  secara  reguler  dapat  belajar  dengan  modul
       tersebut di luar sekolah.
           Karena  siswa  dapat  belajar  secara  sendiri  melalui  modul,
       diharapkan  seorang  guru  pembina  akan  dapat  mengelola  sejumlah




       46
   59   60   61   62   63   64   65   66   67   68   69