Page 64 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 64
Pendidikan Jarak Jauh •
alternatif sistem penyampaian pendidikan lain yang dapat
meningkatkan pemerataan pendidikan yang efektif dan sekaligus
ekonomis.
Untuk mencapai tujuan di atas, yaitu meningkatkan pemerataan
pendidikan yang efektif dan ekonomis, maka langkah pokok yang
mencirikan sekolah dengan sistem PAMONG adalah sebagai
berikut:
1. mengubah cara belajar siswa, yaitu siswa mempelajari sendiri
bahan pelajarannya, tidak terikat oleh jam-jam atau jadwal dan
ruang kelas, dan maju sesuai dengan kecepatan belajarnya
masing-masing;
2. mengubah fungsi guru dari seorang pengajar di depan kelas
menjadi seorang pembina pendidikan yang mengelola
pendidikan anak di Pusat Kegiatan Belajar (PKB); dan
3. mendorong pengerahan daya dan dana masyarakat untuk ikut
serta berpartisipasi guna pemerataan pendidikan dasar.
Sekolah dengan sistem PAMONG hanyalah bentuk alternatif
dari proses penyampaian pendidikan, kurikulum yang digunakan
tetap menggunakan kurikulum pendidikan dasar yang berlaku.
Mengingat siswa harus mempelajari sendiri bahan pelajarannya,
maka bahan ajar yang digunakan dirancang untuk kebutuhan belajar
mandiri dalam bentuk modul. Buku-buku pelajaran yang sesuai
dengan kurikulum yang berlaku, diubah ke dalam bentuk modul.
Modul ini dapat dan boleh dipelajari di mana saja dan kapan saja,
sehingga siswa yang terpaksa harus membantu orang tuanya dan
tidak dapat bersekolah secara reguler dapat belajar dengan modul
tersebut di luar sekolah.
Karena siswa dapat belajar secara sendiri melalui modul,
diharapkan seorang guru pembina akan dapat mengelola sejumlah
46