Page 62 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 62

Pendidikan )arak )auh   •



      siswa  dilaksanakan  secara  mandiri,  di  manapun  dan  kapanpun  dia
      sempat.  Sekolah  ini  pun  tidak  memerlukan  guru  tersendiri  karena
      dapat  memanfaatkan  guru  dari  sekolah  induk  atau  guru-guru  dari
      sekolah  lain yang bersedia membantu.
          Namun demikian, ada  beberapa persyaratan  tertentu  yang  harus
      dipenuhi  untuk mendirikan  sekolah  terbuka  ini.  Persyaratan  pertama
      adalah  tersedianya  calon-calon  siswa  yang  layak  untuk  mengikuti
      pendidikan  melalui  pola  ini.  Jika  di  sekitar  tempat  tersebut  jumlah
      siswa  yang  tidak  dapat  mengikuti  pendidikan  melalui  sekolah
      reguler  cukup  banyak  maka  di  tempat  tersebut  dapat  didirikan
      SMP/MTs dan  SMNMA Terbuka.
          Persyaratan  kedua  adalah  tersedianya  sekolah  yang  memiliki
      sumber  daya  yang  cukup  untuk  dijadikan  sebagai  sekolah  induk.
      sumber daya  yang  dimaksud  adalah  tersedianya  sarana  yang  cukup
      berupa  ruang  kelas  untuk  tutorial,  perpustakaan,  laboratorium  dan
      sarana  penunjang  lain  yang  dapat  dimanfaatkan  bersama  antara
      siswa  sekolah  induk  dan  siswa  sekolah  terbuka.  Sekolah  yang
      hendak  menjadi  sekolah  induk  harus  memiliki  guru  yang  cukup
      menyangkut  seluruh  mata  pelajaran.  Guru-guru  yang  dimaksud
      haruslah  mempunyai  waktu  yang  cukup  sekurang-kurangnya  untuk
      memberikan tutorial sesuai  dengan mata pelajaran yang dibinanya.
          Persyaratan  lain  adalah  adanya  komitmen  yang  jelas  dari
      pemerintah  daerah  setempat  untuk  menanggung  biaya  operasional
      penyelenggaraan  sekolah  tersebut.  Biaya  operasional  ini  meliputi
      honorarium  dan  transpor  guru  bina  dan  guru  pamong,  pengadaan
      sarana  dan  prasarana  pembelajaran,  serta  administrasi  sekolah.
      Komitmen  pemerintah  daerah  ini  sangat  penting  mengingat
      umumnya  siswa  sekolah  terbuka  ini  adalah  orang  yang  secara
      ekonomis  lemah.  Mengharapkan  siswa  untuk  membiayai  dirinya
      sendiri  adalah  suatu  kemungkinan  yang  sangat  kecil.  Karenanya,





      44
   57   58   59   60   61   62   63   64   65   66   67