Page 62 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 62
Pendidikan )arak )auh •
siswa dilaksanakan secara mandiri, di manapun dan kapanpun dia
sempat. Sekolah ini pun tidak memerlukan guru tersendiri karena
dapat memanfaatkan guru dari sekolah induk atau guru-guru dari
sekolah lain yang bersedia membantu.
Namun demikian, ada beberapa persyaratan tertentu yang harus
dipenuhi untuk mendirikan sekolah terbuka ini. Persyaratan pertama
adalah tersedianya calon-calon siswa yang layak untuk mengikuti
pendidikan melalui pola ini. Jika di sekitar tempat tersebut jumlah
siswa yang tidak dapat mengikuti pendidikan melalui sekolah
reguler cukup banyak maka di tempat tersebut dapat didirikan
SMP/MTs dan SMNMA Terbuka.
Persyaratan kedua adalah tersedianya sekolah yang memiliki
sumber daya yang cukup untuk dijadikan sebagai sekolah induk.
sumber daya yang dimaksud adalah tersedianya sarana yang cukup
berupa ruang kelas untuk tutorial, perpustakaan, laboratorium dan
sarana penunjang lain yang dapat dimanfaatkan bersama antara
siswa sekolah induk dan siswa sekolah terbuka. Sekolah yang
hendak menjadi sekolah induk harus memiliki guru yang cukup
menyangkut seluruh mata pelajaran. Guru-guru yang dimaksud
haruslah mempunyai waktu yang cukup sekurang-kurangnya untuk
memberikan tutorial sesuai dengan mata pelajaran yang dibinanya.
Persyaratan lain adalah adanya komitmen yang jelas dari
pemerintah daerah setempat untuk menanggung biaya operasional
penyelenggaraan sekolah tersebut. Biaya operasional ini meliputi
honorarium dan transpor guru bina dan guru pamong, pengadaan
sarana dan prasarana pembelajaran, serta administrasi sekolah.
Komitmen pemerintah daerah ini sangat penting mengingat
umumnya siswa sekolah terbuka ini adalah orang yang secara
ekonomis lemah. Mengharapkan siswa untuk membiayai dirinya
sendiri adalah suatu kemungkinan yang sangat kecil. Karenanya,
44