Page 73 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 73
• Pendidikan )arak )auh pada Tingkat Pendidikan Tinggi
mendaftarkan diri pada QUA melalui salah satu perguruan tinggi
pesertanya. QUA menggunakan fasilitas yang disediakan oleh
perguruan tinggi masing-masing. ljazah dan gelar tetap diberikan
oleh perguruan tinggi tempat mahasiswa mendaftar. Layanan QUA
ini memudahkan mahasiswa untuk mengambil mata pelajaran dari 7
universitas yang berpartisipasi, dan untuk menggabungkannya dalam
suatu program, baik untuk mendapatkan gelar maupun sekadar
untuk mendapatkan pengetahuan dan kemampuan tambahan.
B. Kurikulum dan Bahan Belajar Mandiri
1. Kurikulum
Kurikulum adalah suatu program lengkap yang ditawarkan oleh
suatu institusi pendidikan yang berisi tujuan program atau
kompetensi lulusan, struktur program, bahan ajar, proses
pembelajaran, dan penilaian. Kurikulum masing-masing program
berbeda satu dengan lainnya sesuai dengan kompetensi yang
diharapkan dimiliki oleh lulusannya. PTJJ sebagai salah satu institusi
pendidikan, sama seperti pendidikan tatap muka, memiliki kuri-
kulum yang ditawarkan untuk berbagai jenjang pendidikan seperti
diploma, sarjana, dan sertifikasi.
PTJJ mengembangkan masing-masing kurikulum dengan mem-
perhatikan tujuan dari program yang dikembangkan. Moore dan
Kearsley (1996) menawarkan suatu sistem pengembangan kurikulum
yang disebut desain sistem instruksional (051). DSI terdiri dari lima
prosedur standar yang digunakan dalam pengembangan kurikulum,
yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan
evaluasi. Diagram 1 menunjukkan proses model yang menunjukkan
kelima tahap DSI.
55