Page 78 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 78

Pendidikan )arak )auh   •



       Penggunaan  audio  dan  video  juga  dapat  meningkatkan  motivasi
       untuk  belajar  melalui  jarak  jauh.  Audio  dapat  digunakan  untuk
       menyampaikan  bentuk  narasi  atau  dramatik,  sedang  video  sangat
       berguna  sebagai  media  untuk  menyampaikan  hal-hal  yang  perlu
       dilihat,  dan  dapat  menyampaikan  banyak  informasi  dengan  cepat.
       Kemampuannya  untuk  memperlihatkan  suatu  interaksi,  menjadikan
       video  sebagai  media  yang  baik  untuk  mengajarkan  berbagai
       keterampilan.  Video   baik  pula  untuk  dijadikan  media  dalam
       mengajarkan  sesuatu  yang  menggunakan  prosedur  atau  langkah-
       langkah.  Dengan  semakin  majunya  teknologi  informasi  dan
       komunikasi,  bahan  ajar  berbasis  internet  mulai  digunakan  secara
       luas, termasuk digunakan dalam pembelajaran jarak jauh (belajar-e).
           Pengembangan   bahan   ajar  cetak   dan   noncetak   untuk
       pembelajaran  jarak jauh  dilakukan  secara  kolaborasi  antara  institusi
       penyelenggara   PTJJ   dengan   perguruan   tinggi   lain.   Seperti
       disampaikan  oleh  Moore  dan  Kearsley  (1996),  bahan  ajar
       dikembangkan  oleh  suatu  tim  yang  terdiri  dari  berbagai  ahli,  baik
       ahli  mata  kuliah,  pembelajaran,  dan  media  pembelajaran,  termasuk
       editor dan  produser. Ahli mata kuliah mengembangkan  ikhtisar yang
       berisi  materi  yang  akan  diajarkan,  tujuan  pembelajaran,  dan  isi
       setiap  unit  (kegiatan  belajar)  dalam  modul  mata  kuliah  tersebut.
       lkhtisar ini  kemudian didiskusikan oleh semua anggota tim, sehingga
       menghasilkan  ikhtisar yang siap digunakan.
           Selanjutnya  tim  ahli  mata  kuliah  mengembangkan  bahan  ajar
       cetak dan  noncetak, termasuk juga alat evaluasi  berdasarkan  ikhtisar
       yang  ada  dengan  dibantu  dan  dipandu  oleh  tim  teknis  seperti  ahli
       pembelajaran,  editor,  dan  ahli  media.  Agar  seluruh  kegiatan  dapat
       berjalan  lancar dan  selesai  tepat  waktu,  maka  tim  ini  diketuai  oleh
       seorang pengampu  mata kuliah dibantu seorang tenaga administrasi.
       Proses  pengembangan  bahan  ajar  biasanya  memerlukan  waktu
       sekitar dua tahun.




       60
   73   74   75   76   77   78   79   80   81   82   83