Page 78 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 78
Pendidikan )arak )auh •
Penggunaan audio dan video juga dapat meningkatkan motivasi
untuk belajar melalui jarak jauh. Audio dapat digunakan untuk
menyampaikan bentuk narasi atau dramatik, sedang video sangat
berguna sebagai media untuk menyampaikan hal-hal yang perlu
dilihat, dan dapat menyampaikan banyak informasi dengan cepat.
Kemampuannya untuk memperlihatkan suatu interaksi, menjadikan
video sebagai media yang baik untuk mengajarkan berbagai
keterampilan. Video baik pula untuk dijadikan media dalam
mengajarkan sesuatu yang menggunakan prosedur atau langkah-
langkah. Dengan semakin majunya teknologi informasi dan
komunikasi, bahan ajar berbasis internet mulai digunakan secara
luas, termasuk digunakan dalam pembelajaran jarak jauh (belajar-e).
Pengembangan bahan ajar cetak dan noncetak untuk
pembelajaran jarak jauh dilakukan secara kolaborasi antara institusi
penyelenggara PTJJ dengan perguruan tinggi lain. Seperti
disampaikan oleh Moore dan Kearsley (1996), bahan ajar
dikembangkan oleh suatu tim yang terdiri dari berbagai ahli, baik
ahli mata kuliah, pembelajaran, dan media pembelajaran, termasuk
editor dan produser. Ahli mata kuliah mengembangkan ikhtisar yang
berisi materi yang akan diajarkan, tujuan pembelajaran, dan isi
setiap unit (kegiatan belajar) dalam modul mata kuliah tersebut.
lkhtisar ini kemudian didiskusikan oleh semua anggota tim, sehingga
menghasilkan ikhtisar yang siap digunakan.
Selanjutnya tim ahli mata kuliah mengembangkan bahan ajar
cetak dan noncetak, termasuk juga alat evaluasi berdasarkan ikhtisar
yang ada dengan dibantu dan dipandu oleh tim teknis seperti ahli
pembelajaran, editor, dan ahli media. Agar seluruh kegiatan dapat
berjalan lancar dan selesai tepat waktu, maka tim ini diketuai oleh
seorang pengampu mata kuliah dibantu seorang tenaga administrasi.
Proses pengembangan bahan ajar biasanya memerlukan waktu
sekitar dua tahun.
60