Page 82 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 82
Pendidikan Jarak Jauh •
pusat-pusat tutorial yang ditetapkan oleh fakultas. Mahasiswa dapat
memil ih tempat tutorial yang dekat dengan tempat tinggalnya.
Modul tidak hanya berisi materi pembelajaran, tetapi juga berisi
evaluasi diri berupa soal dan kunci jawaban serta umpan balik. Di
samping itu, sebagai bahan pemantapan dan bahan pendukung,
tersedia pula program radio dan TV yang dikembangkan oleh pusat
media. Namun karena program ini bersifat komunikasi satu arah,
mahasiswa dapat menghubungi pusat tenaga pengajar melalui
telepon dan surat-menyurat untuk mendapat umpan balik dan saran
untuk mata kuliah yang ditempuhnya. Mahasiswa juga dianjurkan
membentuk kelompok belajar untuk diskusi dan memecahkan
masalah dan berinteraksi sesama mahasiswa.
Seperti juga BOU, AIOU memiliki bahan ajar dalam berbagai
bentuk, seperti cetak dan noncetak. AIOU juga menyediakan tutorial
tatap muka untuk membantu mahasiswa dalam belajar. Tutorial
diberikan oleh tutor yang direkrut dari dosen universitas tatap muka.
Tutorial dilaksanakan di pusat-pusat belajar yang berada di daerah
pada sore hari atau Sabtu-Minggu. Tugas tutor antara lain memberi-
kan bantuan belajar dan mengevaluasi tugas-tugas mahasiswa. Di
samping itu, tersedia pula tutorial melalui layanan telepon dan
tertul is.
2. Evaluasi dan Ujian Akhir
Seperti halnya perguruan tinggi tatap muka (PTTM), PTJJ juga
memberikan evaluasi pada mahasiswanya untuk mengukur
keberhasilan belajar mereka. Jika pada PTTM evaluasi hasil belajar
dikelola langsung oleh dosen atau penanggung jawab mata kuliah,
maka pada PTJJ evaluasi hasil belajar diselenggarakan dengan
melibatkan banyak pihak mulai dari perencanaan hingga
penyampaian nilai kepada mahasiswa.
64