Page 82 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 82

Pendidikan Jarak Jauh   •



      pusat-pusat  tutorial  yang  ditetapkan  oleh  fakultas.  Mahasiswa  dapat
      memil ih tempat tutorial yang dekat dengan tempat tinggalnya.
          Modul tidak hanya berisi  materi  pembelajaran, tetapi juga berisi
      evaluasi  diri  berupa  soal  dan  kunci  jawaban  serta  umpan  balik.  Di
      samping  itu,  sebagai  bahan  pemantapan  dan  bahan  pendukung,
      tersedia  pula  program  radio  dan  TV yang dikembangkan  oleh  pusat
      media.  Namun  karena  program  ini  bersifat  komunikasi  satu  arah,
      mahasiswa  dapat  menghubungi  pusat  tenaga  pengajar  melalui
      telepon  dan  surat-menyurat  untuk mendapat umpan  balik dan  saran
      untuk  mata  kuliah  yang  ditempuhnya.  Mahasiswa  juga  dianjurkan
      membentuk  kelompok  belajar  untuk  diskusi  dan  memecahkan
      masalah dan berinteraksi sesama mahasiswa.
          Seperti  juga  BOU,  AIOU  memiliki  bahan  ajar  dalam  berbagai
      bentuk,  seperti  cetak dan  noncetak. AIOU juga menyediakan tutorial
      tatap  muka  untuk  membantu  mahasiswa  dalam  belajar.  Tutorial
      diberikan oleh tutor yang direkrut dari dosen  universitas tatap muka.
      Tutorial  dilaksanakan  di  pusat-pusat  belajar  yang  berada  di  daerah
      pada  sore  hari  atau  Sabtu-Minggu.  Tugas  tutor antara  lain  memberi-
      kan  bantuan  belajar  dan  mengevaluasi  tugas-tugas  mahasiswa.  Di
      samping  itu,  tersedia  pula  tutorial  melalui  layanan  telepon  dan
      tertul is.


      2.  Evaluasi  dan Ujian Akhir
          Seperti  halnya  perguruan  tinggi  tatap  muka  (PTTM),  PTJJ  juga
      memberikan   evaluasi   pada   mahasiswanya   untuk   mengukur
      keberhasilan  belajar  mereka.  Jika  pada  PTTM  evaluasi  hasil  belajar
      dikelola  langsung  oleh  dosen  atau  penanggung  jawab  mata  kuliah,
      maka  pada  PTJJ  evaluasi  hasil  belajar  diselenggarakan  dengan
      melibatkan   banyak   pihak   mulai   dari   perencanaan   hingga
      penyampaian nilai kepada mahasiswa.




      64
   77   78   79   80   81   82   83   84   85   86   87