Page 86 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 86

Pendidikan )arak )auh   •



      2.  Ahli  desain  mata  pelajaran,  yang  bertugas  untuk  mendesain
          mata  pelajaran,  sehingga  mudah  dimengerti  dan  mempunyai
          unsur-unsur interaktif di dalamnya.  Karena  itu, ahli desain  harus
          ahli  dalam  media  yang  digunakan,  mengerti  tentang  prinsip-
          prinsip  dan  teknologi  instruksional,  dan  pengetahuan  tentang
          teknologi  yang  dipergunakan.  Ahli  desain  mata  pelajaran  ini
          harus  erat  bekerja  sama  dengan  ahli  materi  untuk  menentukan
          tujuan  mata  pelajaran,  materi  yang disampaikan,  latihan-latihan
          dan  aktivitas  lain  yang  harus  dikerjakan  mahasiswa,  tata  letak
          bahan  ajar,  isi  media  video  dan  audio  yang  digunakan,  dan
          pertanyaan-pertanyaan  untuk  bagian  interaktif  bahan  ajar  yang
          disampaikan  melalui  media  audio,  video,  atau  komputer.
          Keahlian  desain  ini  juga  beragam,  tergantung  dari  media  yang
          digunakan.
      3.  Ahli  teknologi  informasi  dan  komunikasi,  yang  bertugas  untuk
          membantu  menyampaikan  bahan  ajar  melalui  teknologl
          informasi  dan  komunikasi  yang  digunakan.  Media  itu  dapat
          berupa  cetakan,  audio  dan/atau  video,  melalui  radio,  televisi
          atau  komputer.  Keahliannya  pun  beragam,  sesuai  dengan
          teknologi  informasi dan  komunikasi yang digunakan.

      4.  Ahli  tutorial,  yang  bertugas  terutama  untuk  melaksanakan
          interaksi  antara  pengajar  dan  mahasiswa,  dan  membantu  serta
          mendorong  adanya  interaksi  antarmahasiswa.  Pada  perguruan
          tinggi  reguler,  interaksi  ini dijalankan sendiri  oleh  pengajar yang
          sekaligus juga ahli  materi, tetapi dalam  PTJJ  hal  itu jarang terjadi
          karena  jur:nlah  mahasiswa  pada  umumnya  lebih  banyak
          daripada  jumlah  sebuah  kelas,  dan  tempat  tinggal  mereka  juga
          berjauhan.  lnteraksi  dalam  PTJJ  tidak dapat dilaksanakan  secara
          intensif seperti  di perguruan  tinggi  reguler,  tetapi  hanya kadang-
          kadang.  lnteraksi  pada  PTJJ  sebaiknya  tidak  dilaksanakan  oleh
          mereka yang mengembangkan bahan ajar  tetapi oleh orang lain




      68
   81   82   83   84   85   86   87   88   89   90   91