Page 86 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 86
Pendidikan )arak )auh •
2. Ahli desain mata pelajaran, yang bertugas untuk mendesain
mata pelajaran, sehingga mudah dimengerti dan mempunyai
unsur-unsur interaktif di dalamnya. Karena itu, ahli desain harus
ahli dalam media yang digunakan, mengerti tentang prinsip-
prinsip dan teknologi instruksional, dan pengetahuan tentang
teknologi yang dipergunakan. Ahli desain mata pelajaran ini
harus erat bekerja sama dengan ahli materi untuk menentukan
tujuan mata pelajaran, materi yang disampaikan, latihan-latihan
dan aktivitas lain yang harus dikerjakan mahasiswa, tata letak
bahan ajar, isi media video dan audio yang digunakan, dan
pertanyaan-pertanyaan untuk bagian interaktif bahan ajar yang
disampaikan melalui media audio, video, atau komputer.
Keahlian desain ini juga beragam, tergantung dari media yang
digunakan.
3. Ahli teknologi informasi dan komunikasi, yang bertugas untuk
membantu menyampaikan bahan ajar melalui teknologl
informasi dan komunikasi yang digunakan. Media itu dapat
berupa cetakan, audio dan/atau video, melalui radio, televisi
atau komputer. Keahliannya pun beragam, sesuai dengan
teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan.
4. Ahli tutorial, yang bertugas terutama untuk melaksanakan
interaksi antara pengajar dan mahasiswa, dan membantu serta
mendorong adanya interaksi antarmahasiswa. Pada perguruan
tinggi reguler, interaksi ini dijalankan sendiri oleh pengajar yang
sekaligus juga ahli materi, tetapi dalam PTJJ hal itu jarang terjadi
karena jur:nlah mahasiswa pada umumnya lebih banyak
daripada jumlah sebuah kelas, dan tempat tinggal mereka juga
berjauhan. lnteraksi dalam PTJJ tidak dapat dilaksanakan secara
intensif seperti di perguruan tinggi reguler, tetapi hanya kadang-
kadang. lnteraksi pada PTJJ sebaiknya tidak dilaksanakan oleh
mereka yang mengembangkan bahan ajar tetapi oleh orang lain
68