Page 91 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 91

•   Pendidikan )arak ]auh  pada  Tingkat Pendidikan  Tinggi


            Hingga  saat  ini  ketergantungan  UT  pada  percetakan  luar  tidak
            menimbulkan  masalah  yang  serius.  Demikian  pula  pertimbangan
            mempunyai  studio  rekaman  sendiri  untuk  memperbanyak  rekaman
            audio dan video.  UT mempunyai studio rekaman  sendiri,  karena  hal
            ini  lebih  efisien-biaya  dan  lebih  dapat  diandalkan  daripada
            menggunakan studio komersial  untuk menggandakan  rekaman audio
            dan video.  Sejak awal  studio rekaman  untuk mengembangkan bahan
            ajar  audio  dan  video  sudah  dimiliki.  Karena  itu,  UT  hanya
            menambah  peralatan  duplikasi  rekaman  untuk  dapat  mereproduksi
            bahan audio dan video dalam jumlah yang banyak.
                Subsistem  distribusi  bahan  ajar,  yang  terdiri  dari  komponen
            penggudangan  dan  pengiriman,  tidak  selalu  harus  mempunyai
            sarana dan  prasarananya sendiri. Gudang yang cukup besar mungkin
            memang  diperlukan  di  dalam  kampus,  tetapi  gudang dapat  disewa
            dari  perusahaan  yang  kemudian  diserahi  untuk  mendistribusikan
            bahan  ajar.  Pada  mulanya  kantor  poslah  yang  diserahi  untuk
            distribusi  bahan  ajar,  akan  tetapi  kantor  pas  tidak  mempunyai
            tempat  penyimpanan  yang  cukup  besar  untuk  menampung  bahan
            yang  akan  dikirim  setiap  semesternya,  sehingga  UT  merasa  perlu
            membangun  gudang yang  besar  di  kampusnya.  Begitu  pula  STOU.
            Akhirnya  sebagian  besar  distribusi  diambil  alih  sendiri  oleh  UT
            karena ternyata  lebih  efektif dan  lebih  murah,  kecuali  untuk daerah-
            daerah  yang  tidak  dapat  terjangkau  oleh  angkutan  darat  dari  Pusat
            UT, seperti  Kalimantan, Sulawesi, Ambon dan  Irian jaya, yang masih
            tetap  menggunakan  perusahaan  angkutan  di  luar  UT.  Sarana  untuk
            mengirimkan  bahan  ajar  UT  sendiri  menggunakan  truk-truk  yang
            dikendarai  oleh  pengemudi-pengemudi  UT.  Dengan  demikian,  sub-
            sitem distribusi tersebut dikelola seperti  perusahaan transpor barang.

                Subsistem  media  komunikasi  terdiri  dari  komponen  pema-
            sangan  alat  dan  penggunaan  media.  Subsistem  ini  sebetulnya
            subsistem  pelayanan dari subsistem  lainnya. Yang jelas subsistem  ini




                                                                     73
   86   87   88   89   90   91   92   93   94   95   96