Page 81 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 81
• Pendidikan )arak )auh pada Tingkat Pendidikan Tinggi
mendapatkan saran dari tutor untuk membaca buku lain yang
berkaitan dengan materi yang dipelajarinya. Bahkan mereka
mendapat masukan atau komentar tentang penerapan pengetahuan
yang baru mereka pelajari.
Kesempatan berinteraksi antarmahasiswa juga disediakan oleh
institusi penyelenggara pendidikan jarak jauh. Melalui interaksi
antarmahasiswa, mereka dapat mendiskusikan bahan ajar yang
mereka pelajari, memecahkan berbagai masalah yang mereka alami,
baik yang berhubungan dengan akademik maupun nonakademik.
Mereka juga dapat saling berbagi pengalaman dan informasi.
Dengan adanya interaksi antarmahasiswa, mereka mengetahui
bahwa mereka tidak sendiri, banyak orang lain yang juga mengikuti
pendidikan jarak jauh. lnteraksi antarmahasiswa dapat dilakukan
melalui kelompok belajar, konferensi audio/video, dan konferensi
lewat e-mail.
Pada dasarnya mahasiswa PTJJ dituntut untuk belajar mandiri,
belajar dengan kemauan dan inisiatif sendiri, mahasiswa harus dapat
mengatur dan mendisiplinkan diri dalam belajar agar dapat berhasil.
Berikut ini adalah proses belajar di BOU dan AIOU sebagai contoh
proses pembelajaran di PTJJ.
Bangladesh Open University (BOU) menyediakan modul
sebagai bahan belajar yang harus dipelajari mahasiswa, selain
program radio dan televisi. Untuk membantu proses belajar
mahasiswa, BOU menyediakan tutorial tatap muka yang diberikan
oleh tutor yang direkrut dari dosen universitas tatap muka. Tutor ini
sebelumnya mendapatkan pelatihan tutor yang diselenggarakan oleh
pusat tenaga pengajar BOU. Mereka memberikan tutorial dua kali
sebulan pada hari libur (Minggu) dan dipantau serta diberikan
umpan balik oleh anggota pusat tenaga pengajar. Hal ini dilakukan
untuk menjaga kualitas program tutorial. Tutorial dilaksanakan di
63