Page 81 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 81

•   Pendidikan )arak )auh  pada  Tingkat Pendidikan  Tinggi



            mendapatkan  saran  dari  tutor  untuk  membaca  buku  lain  yang
            berkaitan  dengan  materi  yang  dipelajarinya.  Bahkan  mereka
            mendapat  masukan  atau  komentar  tentang  penerapan  pengetahuan
            yang baru  mereka pelajari.
                Kesempatan  berinteraksi  antarmahasiswa  juga  disediakan  oleh
            institusi  penyelenggara  pendidikan  jarak  jauh.  Melalui  interaksi
            antarmahasiswa,  mereka  dapat  mendiskusikan  bahan  ajar  yang
            mereka pelajari,  memecahkan  berbagai  masalah  yang mereka alami,
            baik  yang  berhubungan  dengan  akademik  maupun  nonakademik.
            Mereka  juga  dapat  saling  berbagi  pengalaman  dan  informasi.
            Dengan  adanya  interaksi  antarmahasiswa,  mereka  mengetahui
            bahwa  mereka tidak sendiri,  banyak  orang  lain  yang juga  mengikuti
            pendidikan  jarak  jauh.  lnteraksi  antarmahasiswa  dapat  dilakukan
            melalui  kelompok  belajar,  konferensi  audio/video,  dan  konferensi
            lewat e-mail.
                Pada  dasarnya  mahasiswa  PTJJ  dituntut  untuk  belajar  mandiri,
            belajar dengan  kemauan dan  inisiatif sendiri,  mahasiswa  harus dapat
            mengatur dan  mendisiplinkan diri dalam  belajar agar dapat berhasil.
            Berikut  ini  adalah  proses  belajar di  BOU  dan  AIOU  sebagai  contoh
            proses  pembelajaran di  PTJJ.
                Bangladesh  Open  University  (BOU)  menyediakan  modul
            sebagai  bahan  belajar  yang  harus  dipelajari  mahasiswa,  selain
            program  radio  dan  televisi.  Untuk  membantu  proses  belajar
            mahasiswa,  BOU  menyediakan  tutorial  tatap  muka  yang  diberikan
            oleh  tutor yang direkrut dari  dosen  universitas tatap  muka.  Tutor  ini
            sebelumnya mendapatkan  pelatihan  tutor yang diselenggarakan  oleh
            pusat  tenaga  pengajar  BOU.  Mereka  memberikan  tutorial  dua  kali
            sebulan  pada  hari  libur  (Minggu)  dan  dipantau  serta  diberikan
            umpan  balik  oleh  anggota  pusat  tenaga  pengajar.  Hal  ini  dilakukan
            untuk  menjaga  kualitas  program  tutorial.  Tutorial  dilaksanakan  di





                                                                     63
   76   77   78   79   80   81   82   83   84   85   86