Page 77 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 77
• Pendidikan ]arak ]auh pada Tingkat Pendidikan Tinggi
mahasiswanya, agar mereka dapat belajar mandiri. Bagi PTJJ bahan
ajar bukan saja dalam bentuk cetak seperti modul atau buku teks,
tetapi juga dilengkapi dengan bahan ajar noncetak seperti audio,
video, dan bahan ajar berbasis komputer seperti CAl, web dan
online (Yunus, 2004).
Bahan ajar cetak adalah bahan ajar yang sangat umum dipakai
dalam pendidikan jarak jauh. Bahan ajar ini banyak digunakan,
karena bahan ajar cetak relatif murah dalam pengembangan dan
produksinya serta mudah pendistribusiannya. Banyak mahasiswa
sangat terbiasa menggunakan buku, sehingga mereka dapat langsung
memanfaatkan bahan ajar cetak dengan maksimal. Di samping itu,
bahan ajar cetak sangat fleksibel, mudah dibawa ke mana saja, dapat
dibaca atau digunakan di mana saja, tidak mudah rusak, dan mudah
digunakannya.
Universitas Terbuka (UT), sejak awal berdirinya, menggunakan
bahan ajar cetak yang disebut modul sebagai bahan ajar utama.
Modul tidak hanya berisi materi ajar (substansi) tetapi berisi pula
petunjuk dan tuntunan bagi mahasiswa untuk mempelajari materi
yang disajikan sehingga mahasiswa dapat belajar mandiri. Selain itu,
modul berisi tujuan mata kuliah, tugas-tugas, dan tes serta jawaban
dan petunjuk penilaian sehingga mahasiswa dapat mengevaluasi
tingkat penguasaan materi mereka sendiri. Dapat dikatakan bahwa
modul berfungsi sebagai pengganti dosen di dalam kelas. Oleh
karena itu, modul haruslah interaktif, bersifat mendorong agar
mahasiswa mau belajar, dan bahasanya tidak terlal u formal. Peri u
diingat bahwa modul bukanlah karya ilmiah atau buku teks, tetapi
merupakan suatu bentuk pembelajaran yang tertulis.
Selain bahan ajar cetak atau modul, PTJJ mengenal juga bahan
ajar noncetak seperti audio, video, dan bahan ajar berbasis
komputer. Audio atau video dapat digunakan untuk menyampaikan
materi pembelajaran yang tidak mudah disampaikan dalam modul.
59