Page 77 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 77

•   Pendidikan ]arak ]auh pada Tingkat Pendidikan  Tinggi



           mahasiswanya,  agar  mereka  dapat  belajar  mandiri.  Bagi  PTJJ  bahan
           ajar  bukan  saja  dalam  bentuk  cetak  seperti  modul  atau  buku  teks,
           tetapi  juga  dilengkapi  dengan  bahan  ajar  noncetak  seperti  audio,
           video,  dan  bahan  ajar  berbasis  komputer  seperti  CAl,  web  dan
           online (Yunus, 2004).
               Bahan  ajar  cetak  adalah  bahan  ajar  yang  sangat  umum  dipakai
           dalam  pendidikan  jarak  jauh.  Bahan  ajar  ini  banyak  digunakan,
           karena  bahan  ajar  cetak  relatif  murah  dalam  pengembangan  dan
           produksinya  serta  mudah  pendistribusiannya.  Banyak  mahasiswa
           sangat terbiasa menggunakan buku, sehingga mereka dapat langsung
           memanfaatkan  bahan  ajar  cetak  dengan  maksimal.  Di  samping  itu,
           bahan ajar cetak sangat fleksibel,  mudah dibawa ke mana saja,  dapat
           dibaca atau  digunakan  di mana saja,  tidak mudah  rusak,  dan  mudah
           digunakannya.
               Universitas  Terbuka  (UT),  sejak  awal  berdirinya,  menggunakan
           bahan  ajar  cetak  yang  disebut  modul  sebagai  bahan  ajar  utama.
           Modul  tidak  hanya  berisi  materi  ajar  (substansi)  tetapi  berisi  pula
           petunjuk  dan  tuntunan  bagi  mahasiswa  untuk  mempelajari  materi
           yang disajikan sehingga  mahasiswa dapat belajar mandiri.  Selain  itu,
           modul  berisi  tujuan  mata  kuliah,  tugas-tugas,  dan  tes  serta  jawaban
           dan  petunjuk  penilaian  sehingga  mahasiswa  dapat  mengevaluasi
           tingkat  penguasaan  materi  mereka  sendiri.  Dapat  dikatakan  bahwa
           modul  berfungsi  sebagai  pengganti  dosen  di  dalam  kelas.  Oleh
           karena  itu,  modul  haruslah  interaktif,   bersifat  mendorong  agar
           mahasiswa  mau  belajar,  dan  bahasanya  tidak  terlal u  formal.  Peri u
           diingat  bahwa  modul  bukanlah  karya  ilmiah  atau  buku  teks,  tetapi
           merupakan suatu bentuk pembelajaran yang tertulis.
               Selain  bahan  ajar  cetak  atau  modul,  PTJJ  mengenal  juga  bahan
           ajar  noncetak  seperti  audio,  video,  dan  bahan  ajar  berbasis
           komputer.  Audio atau  video dapat digunakan  untuk menyampaikan
           materi  pembelajaran  yang  tidak  mudah  disampaikan  dalam  modul.



                                                                    59
   72   73   74   75   76   77   78   79   80   81   82