Page 79 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 79
• Pendidikan )arak )auh pacta Tingkat Pendidikan Tinggi
Kolaborasi antara staf PTJJ dengan ahli mata kuliah dari
perguruan tinggi lain dilakukan di banyak perguruan tinggi jarak
jauh. KNOU, misalnya, men gem as bah an ajarnya dalam bentuk
buku teks. Untuk pengembangan buku teks, baik tulis baru maupun
revisi, ditentukan oleh suatu panitia yang terdiri dari beberapa dosen
dan seorang kepala bagian tata usaha. Selanjutnya, penulisan bahan
ajar itu sendiri dilakukan oleh suatu tim yang terdiri dari beberapa
dosen KNOU dan dosen perguruan tinggi lain. Untuk meningkatkan
kualitas bahan ajar, KNOU melibatkan mahasiswa dan ahli mata
kuliah untuk mengevaluasi bahan ajar setiap mata kuliah. Kemudian
berdasarkan hasil evaluasi tersebut, bahan ajar mata kuliah tersebut
direvisi.
Di samping buku teks, KNOU juga menyediakan bahan belajar
melalui satelit televisi, radio dan kaset. Untuk mata kuliah yang
berbobot tiga sks misalnya, mahasiswa mendapatkan bahan belajar
berupa sebuah buku teks, satu seri program TV atau radio atau kaset
yang berdurasi sepanjang 20,5 jam, delapan jam tutorial tatap muka
atau konferensi video, satu tugas dan satu ujian akhir. Sejak tahun
1997, KNOU mengembangkan sistem perpustakaan digital yang
dimasukkan dalam' web. Dengan demikian mahasiswa dapat
mempelajari bahan kuliah melalui web.
C. Proses Pembelajaran, Evaluasi, dan Ujian Akhir
Nasional
1. Proses Pembelajaran
Ciri khas PTJJ adalah terpisahnya mahasiswa dengan dosen
dalam proses pembelajaran. Mahasiswa dapat memanfaatkan
berbagai bahan belajar yang tersedia dengan pola dan strategi
belajar yang dimilikinya. Menurut Moore dan Kearsley (1996),
61