Page 79 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 79

•   Pendidikan )arak )auh  pacta  Tingkat Pendidikan  Tinggi



               Kolaborasi  antara  staf  PTJJ  dengan  ahli  mata  kuliah  dari
            perguruan  tinggi  lain  dilakukan  di  banyak  perguruan  tinggi  jarak
            jauh.  KNOU,  misalnya,  men gem as  bah an  ajarnya  dalam  bentuk
            buku teks.  Untuk pengembangan  buku teks,  baik tulis baru  maupun
            revisi,  ditentukan oleh suatu  panitia yang terdiri dari beberapa dosen
           dan  seorang  kepala  bagian  tata  usaha.  Selanjutnya,  penulisan  bahan
           ajar  itu  sendiri  dilakukan  oleh  suatu  tim  yang  terdiri  dari  beberapa
           dosen  KNOU  dan dosen  perguruan tinggi  lain.  Untuk meningkatkan
            kualitas  bahan  ajar,  KNOU  melibatkan  mahasiswa  dan  ahli  mata
            kuliah  untuk mengevaluasi  bahan  ajar setiap  mata  kuliah.  Kemudian
            berdasarkan  hasil  evaluasi  tersebut,  bahan  ajar mata  kuliah  tersebut
           direvisi.
               Di  samping  buku teks,  KNOU  juga  menyediakan  bahan  belajar
            melalui  satelit  televisi,  radio  dan  kaset.  Untuk  mata  kuliah  yang
            berbobot tiga  sks  misalnya,  mahasiswa  mendapatkan  bahan  belajar
            berupa sebuah  buku teks,  satu  seri  program TV atau  radio atau  kaset
            yang  berdurasi  sepanjang  20,5  jam, delapan jam tutorial  tatap  muka
            atau  konferensi  video,  satu  tugas  dan  satu  ujian  akhir.  Sejak  tahun
            1997,  KNOU  mengembangkan  sistem  perpustakaan  digital  yang
           dimasukkan  dalam'  web.  Dengan  demikian  mahasiswa  dapat
            mempelajari bahan  kuliah melalui web.



            C.  Proses Pembelajaran, Evaluasi, dan  Ujian Akhir
               Nasional


            1.  Proses  Pembelajaran

               Ciri  khas  PTJJ  adalah  terpisahnya  mahasiswa  dengan  dosen
            dalam  proses  pembelajaran.  Mahasiswa  dapat  memanfaatkan
            berbagai  bahan  belajar  yang  tersedia  dengan  pola  dan  strategi
            belajar  yang  dimilikinya.  Menurut  Moore  dan  Kearsley  (1996),




                                                                     61
   74   75   76   77   78   79   80   81   82   83   84