Page 70 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 70

Pendidikan )arak )auh   •



          Kecuali  fungsi  tersebut,  PTJJ  juga  berfungsi  sebagai  lembaga
       pendidikan yang dapat menyelenggarakan  pendidikan  secara  massal
       dan  meluas,  sehingga  praktis  tidak  ada  peserta  didik  yang  tidak
       dapat  dijangkau  oleh  PTJJ.  Dalam  era  komunikasi  digital  sekarang
       ini,  bilamana  teknologinya  sudah  sampai  ke  wilayah  peserta  didik,
       tidak  ada  halangan  yang  berarti  untuk  mengikuti  PTJJ  di  mana  pun
       kita  berada.  Oleh  karena  itulah,  maka  PTJJ  dapat  dengan  relatif
       mudah  berfungsi  sebagai  perguruan  tinggi  massal.  Tentunya  ada
       beberapa  persyaratan  yang  harus  dipenuhi  oleh  PTJJ  yang  ingin
       berfungsi   sebagai   lembaga   pendidikan   massal.   Salah   satu
       persyaratannya  adalah  bahwa  komunikasi  antara  PTJJ  dan  semua
       mahasiswanya  dapat  dilaksanakan  dengan  relatif  mudah,  terutama
       komunikasi  antara  mahasiswa  dan  tutornya  dengan  perhitungan
       bahwa seorang tutor yang sudah  memenuhi kualifikasi  sebagai  tutor,
       tidak  boleh  melayani  lebih  dari  40  mahasiswa,  sehingga  pelayanan
       yang diberikan  cukup  berkualitas.  PTJJ  di  lnggris  mempunyai  sekitar
       9000  tutor  untuk  sekitar  200.000  mahasiswa  dengan  pengertian
       bahwa tidak semua mata pelajaran perlu dibantu dengan tutorial dan
       seorang  tutor  hanya  melayani  satu  mata  pelajaran.  Untuk  mata
       pelajaran  yang  relatif  mudah  dipelajari  tidak  diperlukan  tutorial,
       karena  dapat  dicerna  sendiri  oleh  mahasiswa,  atau  dengan  bantuan
       kelompok  belajarnya.  Apabila  tutorial  dilaksanakan  dengan  tatap
       muka,  maka  persyaratan  lainnya yang  harus disiapkan  adalah  ruang
       tutorial  di  tempat-tempat  di  sekitar  kelompok  mahasiswa  berada.
       Untuk  mendapatkan  tutor dan  tempat tutorial  itu,  PTJJ  lebih  banyak
       menjalin  kerja  sama  dengan  lembaga  pendidikan  lain  dan  tutorial
       diselenggarakan  pada  waktu  libur.  Bilamana  tutorial  dilaksanakan
       melalui  internet,  jumlah  tutor  tidak  dapat dikurangi  banyak,  karena
       akses  pada  tutor  akan  menjadi  sulit  bilamana  terlalu  banyak
       mahasiswa  yang  diasuh  oleh  satu  tutor.  Tutorial  juga  dapat
       diselenggarakan  dengan  berbagai  cara  komunikasi  lain,  seperti
       telepon  dan  radio  dua  arah,  namun  tutorial  tatap  muka  adalah



       52
   65   66   67   68   69   70   71   72   73   74   75