Page 36 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 36

Pendidikan )arak )auh   •


      (satu  tim  pengembang  mata  pelajaran),  yang  sulit  untuk  ditugasi
      merevisi  setiap  tahun,  apalagi  kalau  tim  pengembang  terdiri  dari
      orang-orang di luar lembaga pendidikan jarak jauh  itu sendiri.


      4.  Peningkatan Relevansi  Pengajaran
          Sebelum  berumur  lima  tahun,  bila  sangat  diperlukan,  materi
      bahan  ajar  dapat  pula  ditambah  suplemen  singkat  tentang
      perubahan-perubahan  yang  diperlukan.  Bagi  materi  yang  sudah
      berumur  lima tahun,  survei  materi  harus diulang bila terlihat bahwa
      materi  itu  sudah  usang.  Hal  ini  tidak  dapat  ditawar  bilamana
      pendidikan  jarak  jauh  ingin  meningkatkan  relevansi  dan  sekaligus
      kualitas materi pelajarannya.
          Materi  pelajaran  pendidikan jarak jauh  sangat transparan  karena
      setiap  orang  yang  mau  dapat  mempelajarinya.  Dengan  demikian,
      materi  yang  sudah  tidak  relevan  lagi  dan  sudah  ketinggalan  zaman,
      akan  berdampak  negatif  pada  reputasi  lembaga  pendidikan  jarak
      jauh yang bersangkutan.


      E.  Peningkatan Efisiensi  Pendidikan melalui Pendidikan
          Jarak Jauh


      1.  Pendidikan yang  Efisien
          Pendidikan  (atau  pengajaran)  yang  lebih  efisien  adalah
      pendidikan  yang  dapat  mencapai  sasarannya  dengan  sumberdaya
      yang  lebih  kecil.  Efisiensi  adalah  perbandingan  cara  sekarang
      dengan  cara  lama  atau  cara  lain,  artinya  bilamana  cara  sekarang
      menggunakan  sumberdaya yang  lebih  kecil  daripada cara  lama atau
      cara  lain  maka cara sekarang lebih efisien dibandingkan dengan cara
      lama atau  cara  lain  itu untuk mencapai tujuan yang sama.  Dalam hal
      ini   efisiensi   PJJ   dibandingkan  dengan   efisiensi   pendidikan




      18
   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41