Page 36 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 36
Pendidikan )arak )auh •
(satu tim pengembang mata pelajaran), yang sulit untuk ditugasi
merevisi setiap tahun, apalagi kalau tim pengembang terdiri dari
orang-orang di luar lembaga pendidikan jarak jauh itu sendiri.
4. Peningkatan Relevansi Pengajaran
Sebelum berumur lima tahun, bila sangat diperlukan, materi
bahan ajar dapat pula ditambah suplemen singkat tentang
perubahan-perubahan yang diperlukan. Bagi materi yang sudah
berumur lima tahun, survei materi harus diulang bila terlihat bahwa
materi itu sudah usang. Hal ini tidak dapat ditawar bilamana
pendidikan jarak jauh ingin meningkatkan relevansi dan sekaligus
kualitas materi pelajarannya.
Materi pelajaran pendidikan jarak jauh sangat transparan karena
setiap orang yang mau dapat mempelajarinya. Dengan demikian,
materi yang sudah tidak relevan lagi dan sudah ketinggalan zaman,
akan berdampak negatif pada reputasi lembaga pendidikan jarak
jauh yang bersangkutan.
E. Peningkatan Efisiensi Pendidikan melalui Pendidikan
Jarak Jauh
1. Pendidikan yang Efisien
Pendidikan (atau pengajaran) yang lebih efisien adalah
pendidikan yang dapat mencapai sasarannya dengan sumberdaya
yang lebih kecil. Efisiensi adalah perbandingan cara sekarang
dengan cara lama atau cara lain, artinya bilamana cara sekarang
menggunakan sumberdaya yang lebih kecil daripada cara lama atau
cara lain maka cara sekarang lebih efisien dibandingkan dengan cara
lama atau cara lain itu untuk mencapai tujuan yang sama. Dalam hal
ini efisiensi PJJ dibandingkan dengan efisiensi pendidikan
18