Page 39 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 39

•   Pendidikan  Jarak Jauh  dalam  Konteks Pendidikan Nasional



              Begitu pula halnya bagi  pendidikan guru SO  setara  011.  Guru SO
          yang  dididik  berperan  sebagai  peserta  didik.  Tutor  diambil  dari
          masyarakat,  kepala  sekolah,  atau  guru  SMP  yang  sudah  berpendi-
          dikan  S  1.  Sekolah  digunakan  sebagai  sekolah  latihan  bagi  guru-guru
          peserta  didik,  yang  disupervisi  oleh  guru-guru  yang  sudah  mempu-
          nyai  kualifikasi  sebagai  supervisor  dari  Pemantapan  Pengalaman
          Lapangan  (PPL).  Dengan  menggunakan  tenaga  pendidik yang  sudah
          ada  maka  penggunaan  tenaga  supervisor  bagi  PPL  dapat  pula
          dihemat.  Dengan  demikian,  penyelenggaraan  PjJ  menjadi  lebih
          efisien.

          4.  Per an Orang T ua

              Pendidikan  jarak  jauh  bagi  anak  kecil  memerlukan  bantuan
          orang  tua,  terutama  ibu.  Di  Australia  orang  tua  ikut  serta  untuk
          mengajar  anaknya  yang  belum  dapat  membaca  dan  menulis,  atas
          dasar petunjuk dan  bahan  ajar yang diberikan  oleh  kantor pusat  PJJ.
          Di  Indonesia,  banyak  ibu  yang dilatih  untuk  Pendidikan  Anak  Usia
          Dini  (PAUD)  melalui  PJJ.  Dengan  demikian,  orang  tua-lah  yang
          mengikuti  PJJ  untuk  dapat  mengasuh  anaknya  yang  masih  berumur
          di  bawah  enam  tahun.  Orang  tua  yang  berpendidikan  juga  dapat
          menjadi  sumber  pengetahuan  bagi  anaknya  yang  berkesulitan
          menghadapi  tugas  dari  PJJ  yang  diikutinya.  Bantuan  yang  diberikan
          orang tua  ini  ikut membuat PJJ  menjadi lebih efisien.

          5.  Peran Masyarakat Sekitar Kelompok Belajar

              Untuk  pelaksanaan  Paket  A  setara  SO,  Paket  B  dan  Paket  C,
          peran  masyarakat  sangat  penting.  Mereka  berfungsi  sebagai
          motivator, tutor dan  pengelola  lembaga  PJJ  nonformal  tersebut.  Bagi
          jenis PJJ  lain  peran  mereka terbatas  pada penyelenggara (PAU D)  dan
          mereka  yang  rnemenuhi  kualifikasi,  dapat  diangkat  menjadi  tutor.




                                                                   21
   34   35   36   37   38   39   40   41   42   43   44