Page 39 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 39
• Pendidikan Jarak Jauh dalam Konteks Pendidikan Nasional
Begitu pula halnya bagi pendidikan guru SO setara 011. Guru SO
yang dididik berperan sebagai peserta didik. Tutor diambil dari
masyarakat, kepala sekolah, atau guru SMP yang sudah berpendi-
dikan S 1. Sekolah digunakan sebagai sekolah latihan bagi guru-guru
peserta didik, yang disupervisi oleh guru-guru yang sudah mempu-
nyai kualifikasi sebagai supervisor dari Pemantapan Pengalaman
Lapangan (PPL). Dengan menggunakan tenaga pendidik yang sudah
ada maka penggunaan tenaga supervisor bagi PPL dapat pula
dihemat. Dengan demikian, penyelenggaraan PjJ menjadi lebih
efisien.
4. Per an Orang T ua
Pendidikan jarak jauh bagi anak kecil memerlukan bantuan
orang tua, terutama ibu. Di Australia orang tua ikut serta untuk
mengajar anaknya yang belum dapat membaca dan menulis, atas
dasar petunjuk dan bahan ajar yang diberikan oleh kantor pusat PJJ.
Di Indonesia, banyak ibu yang dilatih untuk Pendidikan Anak Usia
Dini (PAUD) melalui PJJ. Dengan demikian, orang tua-lah yang
mengikuti PJJ untuk dapat mengasuh anaknya yang masih berumur
di bawah enam tahun. Orang tua yang berpendidikan juga dapat
menjadi sumber pengetahuan bagi anaknya yang berkesulitan
menghadapi tugas dari PJJ yang diikutinya. Bantuan yang diberikan
orang tua ini ikut membuat PJJ menjadi lebih efisien.
5. Peran Masyarakat Sekitar Kelompok Belajar
Untuk pelaksanaan Paket A setara SO, Paket B dan Paket C,
peran masyarakat sangat penting. Mereka berfungsi sebagai
motivator, tutor dan pengelola lembaga PJJ nonformal tersebut. Bagi
jenis PJJ lain peran mereka terbatas pada penyelenggara (PAU D) dan
mereka yang rnemenuhi kualifikasi, dapat diangkat menjadi tutor.
21