Page 42 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 42
Pendidikan )arak )auh •
Reformasi ini sekarang menimbulkan pro dan kontra dalam pelaksa-
naannya. Ujian akhir berdasarkan standar nasional adalah salah satu
dari usaha reformasi yang ditentang oleh sebagian masyarakat,
terutama oleh peserta didik yang tidak lulus dan orang tuanya.
Menerapkan standar nasional seleksi untuk semua peserta didik
adalah salah satu cara menggunakan standar nasional. Cara lain
adalah menguji siswa sekolah secara random untuk mengetahui
prestasi sekolah, tetapi hasilnya tidak digunakan untuk seleksi
kelulusan siswa atau membentuk dewan penguji nasional yang
dapat memberikan sertifikasi keunggulan kelulusan bagi siswa yang
menghendakinya. Sertifikat ini dapat digunakan untuk meneruskan
pendidikan ke perguruan tinggi, sekaligus untuk menilai prestasi
sekolah yang siswanya ikut serta dalam ujian sertifikasi nasional ini.
Hal ini bukan diskriminasi karena ujian dilakukan secara sukarela
dan tidak menentukan kelulusan siswa.
Yang keempat adalah penghapusan diskriminasi antara pendi-
dikan yang dikelola oleh pemerintah dan pendidikan yang dikelola
oleh masyarakat. Meskipun tujuannya mulia, tetapi implementasinya
perlu mendapatkan pemikiran yang cermat karena bisa terjadi
pengelolaan lembaga pendidikan pemerintah sedikit lebih longgar
sedangkan lembaga pendidikan swasta malah menjadi sangat
terbatas gerakannya karena disamakan dengan lembaga pendidikan
pemerintah.
2. Mengapa Perlu Reformasi?
Reformasi diperlukan bilamana tatanan yang ada sudah dirasa
usang. Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan terdahulu, yaitu
Undang-Undang Nomor 2 tahun 1989 sudah berusia empat belas
tahun pada waktu Undang-Undang yang sekarang ini diterbitkan.
jadi, memang sudah perlu ada pembaharuan. Akan tetapi yang
memicu reformasi adalah pergantian pemerintah yang dianggap
24