Page 41 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 41

•   Pendidikan )arak )auh  dalam  Konteks  Pendidikan Nasional



          PJJ,  supaya  kedua  lembaga  tersebut  dapat  segera  berfungsi  dengan
          baik.  Yang  terjadi  pada  saat  ini  adalah  bahwa  kedua  lembaga
          tersebut  masih  banyak  dipengaruhi  oleh  lembaga  atau  instansi
          pendidikan yang harus dibinanya,  sehingga fungsi  mengarahkan dan
          supervisi tidak dapat secara efektif dilaksanakan.
             Yang  terkandung  dalam  reformasi  yang  diamanatkan  undang-
          undang  tersebut  pertama-tama  adalah  adanya  lembaga  pendidikan
          yang  terintegrasi  dengan  kebutuhan  masyarakat  setempat.  Hal  ini
         tidak  hanya  dilakukan  melalui  kurikulum  yang  lebih  disesuaikan
         dengan  kebutuhan  masyarakat  setempat,  tetapi  juga  dengan
          memberdayakan  masyarakat  melalui  peran  serta  dalam  penyeleng-
          garaan dan pengendalian mutu layanan  pendidikan.
             Yang  kedua  adalah  membudayakan  dan  memberdayakan
          peserta  didik  yang  berlangsung  sepanjang  hayat.  Reformasi  dalam
          memberdayakan  peserta  didik  ini  yang  masih  harus  diusahakan,
          karena  kebanyakan  pendidik  masih  menganggap  bahwa  peserta
         didik  harus  dibentuk  sesuai  tujuan  pendidikan,  dan  bukan  diberi
          kesempatan  untuk  berkembang  sendiri  sesuai  dengan  bakat  dan
          kemampuannya.  Pendidik  tidak  perlu  menganggap  dirinya  selalu
          lebih  pandai dari peserta didik, dan  menganggap peserta didik harus
         diberitahu  mana yang  benar dan  mana  yimg tidak.  Jarang  sekali  ada
          pendidik  yang  merasa  sudah  cukup  untuk  menjadi  fasilitator  dan
          menyilahkan  peserta  didik  mencari  sendiri  pengetahuan  dan
          keterampilan  yang  diperlukannya,  sehingga  kreativitas  peserta  didik
         dapat  berkembang.  Pendidik  kebanyakan  terlalu  mementingkan
          memberikan  pengetahuan,  nasihat  dan  pengarahan  kepada  peserta
          didik,  seakan-akan  itulah  satu-satunya  tugasnya.  Mengubah  sikap
          pendidik  menjadi  pendidik  yang  dapat  memberdayakan  peserta
         didik adalah  sesuatu yang sulit dan  memakan banyak waktu.
             Yang  ketiga  adalah  meningkatkan  keprofesionalan  dan  akunta-
          bilitas lembaga pendidikan  berdasarkan  standar nasional  dan  global.




                                                                   23
   36   37   38   39   40   41   42   43   44   45   46