Page 44 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 44
Pendidikan )arak )auh •
nya kritik terhadap sekolah, yang dibarengi dengan tindakan nyata
untuk meluruskan semua yang menyeleweng dari jalan yang
semestinya dapat dilakukan oleh Dewan Pendidikan dan Komite
Sekolah/Mad rasah.
Reformasi internal lembaga pendidikan dapat segera dilakukan
tanpa menunggu diterimanya anggaran 20%. Banyak yang dapat
dilakukan untuk membudayakan dan memberdayakan peserta didik
sehingga mereka dapat lebih kreatif bertindak dan tidak hanya
menunggu perintah pendidik. Perubahan kurikulum berdasarkan
kompetensi tidak akan berhasil bilamana pendidik masih mengira
bahwa pendidik harus lebih pandai dalam segalanya daripada
peserta didik. Karena itu, tugasnya adalah mengarahkan peserta
didik supaya mereka menjadi orang. Sikap otoriter semacam ini
masih banyak terdapat di kalangan para pendidik. Tanpa perubahan
sikap pendidik menjadi fasilitator pendidikan para peserta didik
tidak akan berkembang menjadi manusia yang kreatif.
4. Peran Pendidikan Jarak jauh dalam Reformasi Pendidikan
Apa peran yang dapat dimainkan oleh PJJ dalam reformasi
pendidikan? Kekuatan PJJ antara lain adalah distribusi informasi dan
pelatihan. Dalam hal reformasi, kedua kekuatan itu dapat diguna-
kan. Sosialisasi reformasi dapat dilaksanakan dengan cepat bila
lembaga PJJ dapat dilibatkan dalam pengembangan dan pendistri-
busian informasi tentang reformasi pendidikan yang ingin
dilaksanakan. Sosial isasi tidak cukup untuk menggerakkan reformasi
itu sendiri. Personil kunci dalam birokrasi pendidikan perlu
mendapatkan latihan-latihan khusus bagaimana menggerakkan
reformasi itu ke lembaga-lembaga pendidikan yang ada di bawah
tanggung jawabnya. Guru dan kepala sekolah perlu pula
mendapatkan informasi lengkap tentang reformasi pendidikan yang
dapat diterapkan di sekolahnya, dilanjutkan dengan latihan-latihan
26