Page 44 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 44

Pendidikan )arak )auh   •



        nya  kritik  terhadap  sekolah,  yang  dibarengi  dengan  tindakan  nyata
        untuk  meluruskan  semua  yang  menyeleweng  dari  jalan  yang
        semestinya  dapat  dilakukan  oleh  Dewan  Pendidikan  dan  Komite
        Sekolah/Mad  rasah.
           Reformasi  internal  lembaga  pendidikan  dapat  segera  dilakukan
        tanpa  menunggu  diterimanya  anggaran  20%.  Banyak  yang  dapat
        dilakukan  untuk membudayakan  dan  memberdayakan  peserta  didik
        sehingga  mereka  dapat  lebih  kreatif  bertindak  dan  tidak  hanya
        menunggu  perintah  pendidik.  Perubahan  kurikulum  berdasarkan
        kompetensi  tidak  akan  berhasil  bilamana  pendidik  masih  mengira
        bahwa  pendidik  harus  lebih  pandai  dalam  segalanya  daripada
        peserta  didik.  Karena  itu,  tugasnya  adalah  mengarahkan  peserta
        didik  supaya  mereka  menjadi  orang.  Sikap  otoriter  semacam  ini
        masih  banyak terdapat di  kalangan  para  pendidik. Tanpa  perubahan
        sikap  pendidik  menjadi  fasilitator  pendidikan  para  peserta  didik
        tidak akan  berkembang menjadi manusia yang kreatif.


        4.  Peran  Pendidikan Jarak jauh dalam Reformasi  Pendidikan
           Apa  peran  yang  dapat  dimainkan  oleh  PJJ  dalam  reformasi
        pendidikan?  Kekuatan  PJJ  antara  lain  adalah  distribusi  informasi  dan
        pelatihan.  Dalam  hal  reformasi,  kedua  kekuatan  itu  dapat  diguna-
        kan.  Sosialisasi  reformasi  dapat  dilaksanakan  dengan  cepat  bila
        lembaga  PJJ  dapat  dilibatkan  dalam  pengembangan  dan  pendistri-
        busian   informasi   tentang   reformasi   pendidikan   yang   ingin
        dilaksanakan.  Sosial isasi  tidak cukup  untuk menggerakkan  reformasi
        itu  sendiri.  Personil  kunci  dalam  birokrasi  pendidikan  perlu
        mendapatkan  latihan-latihan  khusus  bagaimana  menggerakkan
        reformasi  itu  ke  lembaga-lembaga  pendidikan  yang  ada  di  bawah
        tanggung  jawabnya.  Guru  dan  kepala  sekolah  perlu  pula
        mendapatkan  informasi  lengkap  tentang  reformasi  pendidikan  yang
        dapat  diterapkan  di  sekolahnya,  dilanjutkan  dengan  latihan-latihan



        26
   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48   49