Page 48 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 48
Pendidikan )arak )auh •
Bentuk penerapan pendidikan jarak jauh pada jenjang pendidik-
an dasar adalah Sekolah Menengah Pertama Terbuka (SMPT) atau
Madrasah Tsanawiyah Terbuka (MTsT). Bentuk penerapan pendidik-
an jarak jauh pada jenjang pendidikan menengah adalah Sekolah
Menengah/Kejuruan Terbuka (SMAT/SMKT) atau Madrasah Aliyah
(MAT). Model SMP Terbuka, sampai saat ini sudah diterapkan di
2.760 SMP di seluruh Indonesia (2004). Sedangkan untuk SMA
Terbuka masih dalam tahap rintisan di 7 lokasi di 6 propinsi di
Indonesia.
Alasan diselenggarakannya sistem pendidikan jarak jauh pada
jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah adanya kenyataan
bahwa proyeksi 13.1 jiwa usia 13 - 15 tahun yang harus
menuntaskan kebijakan wajib belajar 9 tahun pada tahun
2008/2009 tidak dapat ditampung sepenuhnya melalui sistem
pendidikan konvensional (SMP reguler). Dari 13.1 jiwa hanya 6.9
juta jiwa yang dapat ditampung di SMP reguler. Sisanya, 6.2 juta
jiwa perlu ditampung dengan menggunakan pola pendekatan yang
berbeda. Salah satunya adalah melalui penerapan sistem pendidikan
jarak jauh, yaitu SMP Terbuka yang diproyeksikan dapat menam-
pung sekitar 2.5 juta jiwa. Selebihnya, sekitar 3.95 juta jiwa dapat
ditampung melalui penambahan ruang kelas baru (Dikmenum,
Maret, 1995). Prediksi ini dapat digambarkan seperti dalam diagram
berikut:
30