Page 50 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 50

Pendidikan Jarak Jauh   •



      lembaga atau  UPT baru  yang berdiri  sendiri  melainkan  menjadi  satu
      kesatuan  dalam  satuan  pendidikan  dasar  dan  menengah  tersebut.
      SMP  Terbuka  misalnya,  adalah  bagian  dari  SMP  reguler  yang  ada.
      jadi,  suatu  SMP  reguler  dapat  menyelenggarakan  dua  layanan
      pendidikan  sekaligus  untuk dua sasaran  siswa  yang berbeda  (sistem
      modus  ganda),  yaitu  layanan  pendidikan  untuk  siswa  reguler  dan
      layanan  pendidikan  untuk  siswa  terbuka.  Sesuai  karakteristiknya,
      masing-masing  kelompok  siswa  tersebut  dilayani  dengan  sistem
      belajar  yang  berbeda.  Siswa  reguler  menggunakan  sistem  pendidik-
      an  konvensional  (belajar  tatap  muka),  siswa  terbuka  menggunakan
      sistem  pendidikan jarak jauh dan cara belajar mandiri.

         Kedudukan  SMP  Terbuka  atau  SMA  Terbuka  sebagai  subsistem
      layanan  pendidikan  yang  menerapkan  sistem  pendidikan  jarak  jauh
      pada  jenjang  pendidikan  dasar  dan  menengah  dapat  digambarkan
      seperti diagram berikut:
































      32
   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55