Page 50 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 50
Pendidikan Jarak Jauh •
lembaga atau UPT baru yang berdiri sendiri melainkan menjadi satu
kesatuan dalam satuan pendidikan dasar dan menengah tersebut.
SMP Terbuka misalnya, adalah bagian dari SMP reguler yang ada.
jadi, suatu SMP reguler dapat menyelenggarakan dua layanan
pendidikan sekaligus untuk dua sasaran siswa yang berbeda (sistem
modus ganda), yaitu layanan pendidikan untuk siswa reguler dan
layanan pendidikan untuk siswa terbuka. Sesuai karakteristiknya,
masing-masing kelompok siswa tersebut dilayani dengan sistem
belajar yang berbeda. Siswa reguler menggunakan sistem pendidik-
an konvensional (belajar tatap muka), siswa terbuka menggunakan
sistem pendidikan jarak jauh dan cara belajar mandiri.
Kedudukan SMP Terbuka atau SMA Terbuka sebagai subsistem
layanan pendidikan yang menerapkan sistem pendidikan jarak jauh
pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dapat digambarkan
seperti diagram berikut:
32