Page 54 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 54

Pendidikan Jarak Jauh   •



          Be/ajar  mandiri  secara  kelompok  adalah  cara  belajar  dengan
      sebagian  besar  kendali  belajar  yaitu  penentuan  apa  yang  harus
      dipelajari,  kapan,  di  mana  dan  bagaimana  mempelajarinya  serta
      kapan  kemajuan  belajarnya diuji, ditentukan oleh  kelompok dengan
       bimbingan  terbatas  dari  orang  lain.  Dengan  demikian  siswa  secara
       kelompok dapat  belajar kapan  saja  dan  di  mana  saja  sesuai  dengan
       kesempatan  yang  tersedia  bagi  masing-masing  kelompok  tersebut.
       Kelompok  siswa  dapat  terdiri  dari  5  - 10  orang.  Setiap  kelompok
       bersepakat untuk menentukan topik apa  saja yang akan  dipelajari, di
       mana  mempelajarinya  lengkap  dengan  jadwal  diskusi  kelompok
       yang  akan  mereka  lakukan  selama  kurun  waktu  tertentu  (misalnya
       satu  semester).  Belajar  mandiri  secara  kelompok  dapat  saja
       dilakukan secara terjadwal  dengan bimbingan dari guru pamong dan
       dilaksanakan di Tempat Kegiatan  Belajar (TKB)  atau tempat lain yang
      ditentukan dan disepakati oleh kelompok.
          Tutorial tatap  muka adalah  proses  pembelajaran  yang dilakukan
       secara tatap  muka di sekolah  induk, yaitu di SMP/MTs atau  SMNMA
       reguler.  Tutorial  tatap muka dapat dilaksanakan  pada hari Sabtu  atau
       Minggu  antara  dua  sampai  empat  kali  pertemuan  dalam  sebulan.
       Kegiatan  tutorial  tatap  muka  ditujukan  untuk  membahas  pelajaran
       sulit  yang  ditemui  oleh  siswa.  Kegiatan  ini  adalah  kesempatan  bagi
       siswa  untuk bertemu dengan guru bina masing-masing.


       2.  Evaluasi dan  Ujian Akhir Nasional

          Evaluasi  belajar pada  pendidikan  dasar dan  menegah  jarak jauh
       terdiri  dari:  1)  tes  mandiri;  2)  tes  akhir modul;  3)  Tes  Akhir Unit; 4)
       Ujian Akhir Semester; dan  5)  Ujian Akhir Nasional.

       a.   Tes  mandiri  dilaksanakan  pada  setiap  akhir  kegiatan  belajar
          dalam  modul.  Setelah  siswa  mempelajari  satu  kegiatan  belajar,
          siswa  dapat  mengerjakan  soal-soal  dan  tugas  yang  tersedia




       36
   49   50   51   52   53   54   55   56   57   58   59