Page 54 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 54
Pendidikan Jarak Jauh •
Be/ajar mandiri secara kelompok adalah cara belajar dengan
sebagian besar kendali belajar yaitu penentuan apa yang harus
dipelajari, kapan, di mana dan bagaimana mempelajarinya serta
kapan kemajuan belajarnya diuji, ditentukan oleh kelompok dengan
bimbingan terbatas dari orang lain. Dengan demikian siswa secara
kelompok dapat belajar kapan saja dan di mana saja sesuai dengan
kesempatan yang tersedia bagi masing-masing kelompok tersebut.
Kelompok siswa dapat terdiri dari 5 - 10 orang. Setiap kelompok
bersepakat untuk menentukan topik apa saja yang akan dipelajari, di
mana mempelajarinya lengkap dengan jadwal diskusi kelompok
yang akan mereka lakukan selama kurun waktu tertentu (misalnya
satu semester). Belajar mandiri secara kelompok dapat saja
dilakukan secara terjadwal dengan bimbingan dari guru pamong dan
dilaksanakan di Tempat Kegiatan Belajar (TKB) atau tempat lain yang
ditentukan dan disepakati oleh kelompok.
Tutorial tatap muka adalah proses pembelajaran yang dilakukan
secara tatap muka di sekolah induk, yaitu di SMP/MTs atau SMNMA
reguler. Tutorial tatap muka dapat dilaksanakan pada hari Sabtu atau
Minggu antara dua sampai empat kali pertemuan dalam sebulan.
Kegiatan tutorial tatap muka ditujukan untuk membahas pelajaran
sulit yang ditemui oleh siswa. Kegiatan ini adalah kesempatan bagi
siswa untuk bertemu dengan guru bina masing-masing.
2. Evaluasi dan Ujian Akhir Nasional
Evaluasi belajar pada pendidikan dasar dan menegah jarak jauh
terdiri dari: 1) tes mandiri; 2) tes akhir modul; 3) Tes Akhir Unit; 4)
Ujian Akhir Semester; dan 5) Ujian Akhir Nasional.
a. Tes mandiri dilaksanakan pada setiap akhir kegiatan belajar
dalam modul. Setelah siswa mempelajari satu kegiatan belajar,
siswa dapat mengerjakan soal-soal dan tugas yang tersedia
36