Page 53 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 53
• Pendidikan Dasar dan Menengah )arak )auh
Selain modul cetak, dikembangkan pula media belajar noncetak
lain seperti radio, kaset audio, televisi,kaset video dan bahan ajar
berbasis komputer (CD lnteraktif).
C. Proses Pembelajaran, Evaluasi dan Ujian Akhir
Nasional
1. Proses Pembelajaran
Proses pembelajaran pada pendidikan dasar dan menengah
jarak jauh lebih mengutamakan cara belajar mandiri. Yang dimaksud
dengan. car a bel ajar mand i ri adalah car a bel ajar dengan peranan
atau kendali dalam menentukan: 1) apa yang akan dipelajari; 2)
kapan dan di mana mempelajarinya; dan 3) kapan keberhasilan
belajar diuji (evaluasi), lebih besar ada di tangan siswa. Artinya,
siswa diberikan keleluasaan dalam menentukan sendiri ketiga
variabel di atas. Namun demikian, dalam prakteknya masih diperlu-
kan proses pembelajaran yang sifatnya tutorial tatap muka untuk
mendiskusikan berbagai masalah belajar yang tidak dapat
dipecahkan sendiri oleh siswa. Dengan demikian, pola pembelajar-
an untuk pendidikan dasar dan menengah jarak jauh dapat
dikategorikan ke dalam tiga kelompok, yaitu: 1) bel ajar mandiri
secara individu; 2) belajar mandiri secara kelompok; dan 3) tutorial
tatap muka.
Be/ajar mandiri secara individu adalah cara belajar dengan
sebagian besar kendal i bel ajar yaitu penentuan apa yang harus
dipelajari, kapan, di mana dan bagaimana mempelajarinya serta
kapan kemajuan belajarnya diuji, ditentukan oleh siswa dengan
bimbingan terbatas dari orang lain. Dengan demikian siswa dapat
belajar kapan saja dan di mana saja sesuai dengan kesempatan yang
tersedia bagi masing-masing siswa. Bahkan jika memungkinkan
siswa dapat belajar sambil bekerja.
35