Page 53 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 53

•   Pendidikan  Dasar dan Menengah )arak )auh



               Selain  modul cetak,  dikembangkan  pula media belajar noncetak
           lain  seperti  radio,  kaset  audio,  televisi,kaset  video  dan  bahan  ajar
           berbasis komputer (CD  lnteraktif).


           C.  Proses  Pembelajaran, Evaluasi dan  Ujian Akhir
               Nasional


           1.  Proses  Pembelajaran
               Proses  pembelajaran  pada  pendidikan  dasar  dan  menengah
           jarak jauh  lebih mengutamakan cara  belajar mandiri. Yang dimaksud
           dengan.  car a  bel ajar  mand i  ri  adalah  car a  bel ajar  dengan  peranan
           atau  kendali  dalam  menentukan:  1)  apa  yang  akan  dipelajari;  2)
           kapan  dan  di  mana  mempelajarinya;  dan  3)  kapan  keberhasilan
           belajar  diuji  (evaluasi),  lebih  besar  ada  di  tangan  siswa.  Artinya,
           siswa  diberikan  keleluasaan  dalam  menentukan  sendiri  ketiga
           variabel  di  atas.  Namun demikian, dalam  prakteknya  masih  diperlu-
           kan  proses  pembelajaran  yang  sifatnya  tutorial  tatap  muka  untuk
           mendiskusikan   berbagai   masalah   belajar  yang  tidak  dapat
           dipecahkan  sendiri  oleh  siswa.  Dengan  demikian,  pola  pembelajar-
           an  untuk  pendidikan  dasar  dan  menengah  jarak  jauh  dapat
           dikategorikan  ke  dalam  tiga  kelompok,  yaitu:  1)  bel ajar  mandiri
           secara  individu;  2)  belajar  mandiri  secara  kelompok;  dan  3)  tutorial
           tatap muka.
               Be/ajar  mandiri  secara  individu  adalah  cara  belajar  dengan
           sebagian  besar  kendal i  bel ajar  yaitu  penentuan  apa  yang  harus
           dipelajari,  kapan,  di  mana  dan  bagaimana  mempelajarinya  serta
           kapan  kemajuan  belajarnya  diuji,  ditentukan  oleh  siswa  dengan
           bimbingan  terbatas  dari  orang  lain.  Dengan  demikian  siswa  dapat
           belajar kapan  saja  dan  di  mana saja  sesuai  dengan  kesempatan  yang
           tersedia  bagi  masing-masing  siswa.  Bahkan  jika  memungkinkan
           siswa dapat belajar sambil  bekerja.



                                                                    35
   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57   58