Page 49 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 49
• Pendidikan Dasar dan Menengah ]arak ]auh
Tertampung di SMP Tidak Tertampung
Reguler di SMP Reguler
6.9 Juta 6,2 Juta
Melalui Melalui Penambahan
SMP Terbuka Ruang Kelas Baru
2.25 Juta 3,95 Juta
Diagram 2.1
Prediksi Penampungan Sekolah Formal untuk Menunjang WAJAR 9 Tahun
Demikian pula halnya dengan permasalahan yang dihadapi
pada jenjang pendidikan menengah. Berdasarkan data yang ada,
lulusan SMP dan MTs pada tahun 2000 berjumlah 2.830.727 orang.
Dari sejumalh lulusan tersebut hanya 1.874.577 orang yang dapat
melanjutkan ke jenjang pendidikan menengah reguler. Sehingga
terdapat 956.150 orang (33,78%) lulusan SMP atau MTs yang tidak
dapat melanjutkan sekolah. jumlah ini belum termasuk akumulasi
jumlah lulusan dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk menampung
33,78% lulusan SMP atau MTs tersebut perlu dicarikan solusi
alternatif layanan pendidikan lain. Salah satunya adalah model
pendidikan dengan menerapkan sistem pendidikan jarak jauh pada
jenjang pendidikan menengah, yaitu dengan dirintisnya SMA
Terbuka.
Sebagai subsistem pendidikan pada jenjang pendidikan dasar
dan menengah, pendidikan dasar dan menengah jarak jauh - seperti
SMPT dan SMAT yang dijelaskan di atas- bukan merupakan suatu
31