Page 49 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 49

•    Pendidikan  Dasar dan  Menengah ]arak ]auh












              Tertampung di  SMP            Tidak Tertampung
                  Reguler                    di  SMP Reguler
                 6.9 Juta                      6,2 Juta



                                Melalui                   Melalui  Penambahan
                              SMP Terbuka                  Ruang Kelas Baru
                                2.25 Juta                     3,95 Juta


                                     Diagram 2.1
               Prediksi Penampungan Sekolah Formal untuk Menunjang WAJAR 9 Tahun


                Demikian  pula  halnya  dengan  permasalahan  yang  dihadapi
             pada  jenjang  pendidikan  menengah.  Berdasarkan  data  yang  ada,
             lulusan  SMP  dan  MTs pada  tahun  2000 berjumlah  2.830.727 orang.
             Dari  sejumalh  lulusan  tersebut  hanya  1.874.577  orang  yang  dapat
             melanjutkan  ke  jenjang  pendidikan  menengah  reguler.  Sehingga
            terdapat  956.150 orang (33,78%)  lulusan  SMP  atau  MTs  yang tidak
             dapat  melanjutkan  sekolah.  jumlah  ini  belum  termasuk  akumulasi
             jumlah  lulusan  dari  tahun-tahun  sebelumnya.  Untuk  menampung
             33,78%  lulusan  SMP  atau  MTs  tersebut  perlu  dicarikan  solusi
             alternatif  layanan  pendidikan  lain.  Salah  satunya  adalah  model
             pendidikan  dengan  menerapkan  sistem  pendidikan  jarak  jauh  pada
             jenjang  pendidikan  menengah,  yaitu  dengan  dirintisnya  SMA
             Terbuka.
                Sebagai  subsistem  pendidikan  pada  jenjang  pendidikan  dasar
             dan  menengah,  pendidikan dasar dan  menengah  jarak jauh - seperti
             SMPT dan  SMAT yang dijelaskan di  atas- bukan  merupakan  suatu



                                                                      31
   44   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54