Page 47 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 47

Bab  II




                Pendidikan  Dasar dan Menengah

                                  jarak jauh



                          Rusjdy S.  Arifin,  Uwes A.  Chaeruman


            A.  Fungsi dan Satuan  Pendidikan


                Pendidikan  Dasar  dan  Menengah  jarak  jauh  merupakan  suatu
            alternatif  layanan  pendidikan  bagi  siswa/i  jenjang  pendidikan  dasar
            (SD/MI  dan  SMP/MTs)  dan  menengah  (SMNMA  dan  SMKIMAK)
            yang  memiliki  kendala  sosial  ekonomi,  geografis  maupun  waktu
            untuk  mengikuti  pola  pendidikan  dasar  dan  menengah  secara
            reguler.  jadi, pendidikan dasar dan  menengah jarak jauh  merupakan
            subsistem  pendidikan  pada  jenjang pendidikan dasar dan  menengah
            yang  menerapkan  sistem  pendidikan  jarak jauh.  Sebagai  konsekuen-
            sinya,  pendidikan dasar dan  menengah jarak jauh  ini mengutamakan
            cara  belajar  mandiri  dan  memanfaatkan  bahan  belajar  mandiri
            dengan  bimbingan  terbatas  dari  orang  lain.  Dengan  demikian,
            sebagai ·salah  satu  alternatif  layanan  pendidikan,  pendidikan  dasar
            dan  menengah  jarak  jauh  berfungsi  untuk:  1)  memberikan
            kesempatan  belajar  seluas  mungkin  kepada  seluruh  usia  sekolah
            dasar  dan  menengah  yang  tidak  dapat  mengikuti  pendidikan  di
            sekolah  biasa  karena  kendala  sosial,  ekonomi,  geografis  dan  atau
            waktu  melalui  sistem  pendidikan  jarak  jauh  dan  cara  belajar
            mandiri; dan  2)  meningkatkan  partisipasi  masyarakat termasuk orang
            tua  siswa  dalam  menyelenggarakan  berbagai  alternatif  layanan
            pendidikan.



                                                                     29
   42   43   44   45   46   47   48   49   50   51   52