Page 38 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 38
Pendidikan )arak )auh •
jumlah lulusan dibagi jumlah mahasiswa, maka produktivitas
lembaga Pjj jauh lebih kecil daripada produktivitas lembaga
pendidikan konvensional. Tetapi harus diingat, bahwa peserta
didiknya kebanyakan adalah mereka yang belajar sambil bekerja,
sehingga tidak bisa mereka belajar penuh waktu. Karena itu, mereka
harus diberi waktu lebih untuk menyelesaikan pendidikannya.
Waktu lebihnya juga tidak dapat ditentukan oleh lembaganya karena
waktu lebih yang diperlukan peserta didik Pjj sangat ditentukan oleh
masing-masing individu. Apabila pekerjaannya ringan dan ia tidak
banyak bepergian, dan· bilamana ia dapat menyisihkan 50% dari
waktu yang dipakai oleh peserta didik lembaga pendidikan
konvensional untuk belajar, peserta didik PJJ bisa diharapkan dapat
menyelesaikan pendidikannya dalam waktu dua kali lipat peserta
didik pendidikan konvensional. Bila lembaga PJJ menghasilkan
lulusan rata-rata dalam jangka waktu dua kali dari lembaga pendidik-
an konvensional maka produktivitas lembaga Pjj dan lembaga
pendidikan konvensional tersebut bisa disamakan.
3. Peran Guru dan Kepala Sekolah
Peran guru dan kepala sekolah pendidikan konvensional
biasanya sangat penting bagi Pjj, terutama PJJ yang melaksanakan
pendidikan guru. SMP terbuka dan SMA terbuka masih memerlukan
guru dan kepala sekolah dalam melaksanakan tutorial yang
dilaksanakan secara periodik di sekolah yang berdekatan dengan
kelompok belajar SMP dan SMA terbuka. Fasilitas belajar pada
sekolah itu juga digunakan untuk belajar peserta didik PJJ. Dengan
pengaturan seperti itu sudah jelas bahwa peran guru dan kepala
sekolah konvensional tersebut sangat besar dalam PJJ. Dengan
menggunakan SDM yang sama maka PJJ tersebut sudah jelas dapat
menghemat dalam penggunaan SDM.
20