Page 38 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 38

Pendidikan )arak )auh   •



       jumlah  lulusan  dibagi  jumlah  mahasiswa,  maka  produktivitas
       lembaga  Pjj  jauh  lebih  kecil  daripada  produktivitas  lembaga
       pendidikan  konvensional.  Tetapi  harus  diingat,  bahwa  peserta
       didiknya  kebanyakan  adalah  mereka  yang  belajar  sambil  bekerja,
       sehingga tidak bisa  mereka belajar penuh waktu.  Karena  itu,  mereka
       harus  diberi  waktu  lebih  untuk  menyelesaikan  pendidikannya.
       Waktu  lebihnya juga tidak dapat ditentukan oleh  lembaganya karena
       waktu  lebih yang diperlukan peserta didik Pjj  sangat ditentukan oleh
       masing-masing  individu.  Apabila  pekerjaannya  ringan  dan  ia  tidak
       banyak  bepergian,  dan·  bilamana  ia  dapat  menyisihkan  50%  dari
       waktu  yang  dipakai  oleh  peserta  didik  lembaga  pendidikan
       konvensional  untuk  belajar,  peserta  didik  PJJ  bisa  diharapkan  dapat
       menyelesaikan  pendidikannya  dalam  waktu  dua  kali  lipat  peserta
       didik  pendidikan  konvensional.  Bila  lembaga  PJJ  menghasilkan
       lulusan  rata-rata dalam jangka waktu dua kali dari  lembaga pendidik-
       an  konvensional  maka  produktivitas  lembaga  Pjj  dan  lembaga
       pendidikan konvensional tersebut bisa disamakan.


       3.  Peran Guru dan Kepala Sekolah
          Peran  guru  dan  kepala  sekolah  pendidikan  konvensional
       biasanya  sangat  penting  bagi  Pjj,  terutama  PJJ  yang  melaksanakan
       pendidikan guru. SMP terbuka dan  SMA terbuka  masih  memerlukan
       guru  dan  kepala  sekolah  dalam  melaksanakan  tutorial  yang
       dilaksanakan  secara  periodik  di  sekolah  yang  berdekatan  dengan
       kelompok  belajar  SMP  dan  SMA  terbuka.  Fasilitas  belajar  pada
       sekolah  itu  juga  digunakan  untuk  belajar  peserta  didik  PJJ.  Dengan
       pengaturan  seperti  itu  sudah  jelas  bahwa  peran  guru  dan  kepala
       sekolah  konvensional  tersebut  sangat  besar  dalam  PJJ.  Dengan
       menggunakan  SDM  yang  sama  maka  PJJ  tersebut  sudah  jelas  dapat
       menghemat dalam penggunaan SDM.





       20
   33   34   35   36   37   38   39   40   41   42   43