Page 33 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 33
• Pendidikan )arak )auh dalam Konteks Pendidikan Nasional
b. Biaya Bagi Peserta Didik
Biaya ini sulit dihitung karena sifatnya sangat pribadi. Akan
tetapi pengeluaran biaya pondokan bagi mahasiswa konvensional
yang membutuhkannva, biaya transpor ke tempat kuliah, dan biaya-
biaya lain yang ada hubungannya dengan biaya kehidupan mandiri
mahasiswa (lepas dari orang tuanya), sangat bervariasi akan tetapi
cukup besar untuk diperhitungkan bila membandingkan biaya
pendidikan konvensional dan jarak jauh. Kebanyakan mahasiswa
pendidikan jarak jauh tidak perlu mengeluarkan biaya-biaya tersebut
karena mereka dapat tetap tinggal bersama keluarga mereka. Hal ini
membuka akses yang lebih besar pada pendidikan jarak jauh bagi
calon peserta didik karena tidak mempunyai cukup sumber biaya
untuk bertempat tinggal di tempat lain untuk mengikuti pendidikan
konvensional.
D. Peningkatan Relevansi Pendidikan melalui
Pendidikan jarak jauh
. 1. Pendidikan dan Pengajaran
Pada tahun 50-an Departemen Pendidikan Nasional bernama
Kementrian Pendidikan dan Pengajaran. Pemisahan pengertian
pendidikan dan pengajaran ada gunanya karena beberapa hal.
Pendidikan adalah kata generik yang meliputi pula pengajaran,
tetapi pendidikan juga meliputi hal-hal yang tidak termasuk
pengajaran, seperti pendidikan moral dan pendidikan agama.
Pengajaran meliputi hal-hal yang erat hubungannya dengan
pengetahuan dan ilmu. Pengajaran mempunyai metodik sendiri
yang tidak dapat begitu saja diterapkan bagi pendidikan moral dan
agama. Dengan menyatukan pengertian pendidikan dan pengajaran,
maka sesuatu menjadi hilang. Metodologi pendidikan moral dan
agama menjadi sama dengan pengajaran. Pendidikan agama
15