Page 33 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 33

•   Pendidikan )arak )auh  dalam  Konteks Pendidikan  Nasional



           b.  Biaya  Bagi  Peserta  Didik
               Biaya  ini  sulit  dihitung  karena  sifatnya  sangat  pribadi.  Akan
           tetapi  pengeluaran  biaya  pondokan  bagi  mahasiswa  konvensional
           yang  membutuhkannva,  biaya transpor  ke  tempat kuliah,  dan  biaya-
           biaya  lain  yang  ada  hubungannya  dengan  biaya  kehidupan  mandiri
           mahasiswa  (lepas  dari  orang  tuanya),  sangat  bervariasi  akan  tetapi
           cukup  besar  untuk  diperhitungkan  bila  membandingkan  biaya
           pendidikan  konvensional  dan  jarak  jauh.  Kebanyakan  mahasiswa
           pendidikan jarak jauh tidak perlu  mengeluarkan  biaya-biaya tersebut
           karena  mereka dapat tetap  tinggal  bersama  keluarga  mereka.  Hal  ini
           membuka  akses  yang  lebih  besar  pada  pendidikan  jarak  jauh  bagi
           calon  peserta  didik  karena  tidak  mempunyai  cukup  sumber  biaya
           untuk  bertempat  tinggal  di  tempat  lain  untuk  mengikuti  pendidikan
           konvensional.


           D.  Peningkatan  Relevansi  Pendidikan melalui
               Pendidikan jarak jauh


          . 1.  Pendidikan dan  Pengajaran
               Pada  tahun  50-an  Departemen  Pendidikan  Nasional  bernama
           Kementrian  Pendidikan  dan  Pengajaran.  Pemisahan  pengertian
           pendidikan  dan  pengajaran  ada  gunanya  karena  beberapa  hal.
           Pendidikan  adalah  kata  generik  yang  meliputi  pula  pengajaran,
           tetapi  pendidikan  juga  meliputi  hal-hal  yang  tidak  termasuk
           pengajaran,  seperti  pendidikan  moral  dan  pendidikan  agama.
           Pengajaran  meliputi  hal-hal  yang  erat  hubungannya  dengan
           pengetahuan  dan  ilmu.  Pengajaran  mempunyai  metodik  sendiri
           yang  tidak  dapat  begitu  saja  diterapkan  bagi  pendidikan  moral  dan
           agama.  Dengan  menyatukan  pengertian  pendidikan dan  pengajaran,
           maka  sesuatu  menjadi  hilang.  Metodologi  pendidikan  moral  dan
           agama  menjadi  sama  dengan  pengajaran.  Pendidikan  agama


                                                                    15
   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38