Page 30 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 30

Pendidikan )arak )auh   •



       menguasai  mata  pelajaran  dan  cara  mengajar  peserta  didik  yang
       dihadapinya.  SDM  lembaga  PJJ  tidak  begitu  memerlukan  SDM
       seperti  itu  karena  para  pengajarnya  tidak  langsung  menghadapi
       pelajarnya. Yang diperlukan adalah SDM yang berkeahlian dalam (1)
       pengembangan  program  dan  kurikulum;  (2)  pengembangan  bahan
       ajar;  (3)  bantuan  belajar,  termasuk tutorial;  (4)  evaluasi  hasil  belajar;
       (5)  teknologi  informasi dan  komunikasi  (termasuk yang berhubungan
       dengan  belajar-e); ditambah dengan yang berkeahlian dalam bidang-
       bidang  serupa  yang  ada  pada  perguruan  konvensional,  seperti  (6)
       keperpustakaan;  (7)  penelitian;  (8)  administrasi  akademik  (termasuk
       pengelolaan  registrasi,  perencanaan  strategik,  sampai  dengan  penge-
       lolaan   kelulusan);   (9)   logistik   (distribusi   bahan   aJar,   dan
       penyelenggaraan pengujian) dan  (10)  hubungan masyarakat.

          SDM yang  berhubungan  dengan  keahlian  dalam  mata  pelajaran
       yang  diajarkan  dapat dipunyai  sendiri  oleh  lembaga  PJJ,  akan  tetapi
       tidak  mutlak,  karena  ahli  mata  pelajaran  dapat  dikontrak  dari  luar.
       Meskipun demikian, banyak lembaga PJJ  yang mempunyai SDM ahli
       mata  pelajaran,  meskipun  tugasnya  tidak  hanya  mengembangkan
       mata  pelajaran  tetapi  juga  hal-hal  lain  yang  berhubungan  dengan  9
       keahlian  di  atas.  Sebab,  bila  seorang  ahli  mata  pelajaran  sudah
       selesai  mengembangkan  mata  pelajarannya  maka  ia  tidak  ada
       pekerjaan  lain  kecuali  yang berhubungan dengan 9 keahlian di atas,
       sebelum waktunya  untuk merevisi  mata pelajaran tersebut.  Lembaga
       PJJ  yang baru  berdiri  memerlukan  waktu  yang  lama  untuk mendidik
       staf  edukatifnya  untuk  menjadi  setara  kualitasnya  dengan  staf
       lembaga  pendidikan  konvensional  yang  sudah  lama  berdiri,  kecuali
       kalau  lembaga PJJ  tersebut dapat "mencuri" staf berkualitas baik dari
       lembaga  lain  untuk  menjadi  staf  tetapnya.  Karena  itu,  banyak
       lembaga  PJJ  yang  mengontrak  ahli  mata  pelajaran  yang  terbaik
       hanya  untuk  mengembangkan  mata  pelajaran  tertentu  yang  ahlinya
       tidak  dimiliki  lembaga  PJJ  itu  sendiri.  Kontrak  akan  selesai  dengan
       selesainya tugas tersebut.



       12
   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34   35