Page 26 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 26
Pendidikan )arak )auh •
Yang menjadi masalah adalah, apakah yang terjadi di lembaga
pendidikan? Ada lembaga pendidikan yang seakan-akan tidak
memberi pelajaran yang baik, terlihat dari banyaknya orang tua yang
mengeluh karena mereka harus ikut mengajar anak untuk dapat
menyelesaikan pekerjaan rumah. Lagipula pekerjaan rumah yang
diberikan setiap hari sangat banyak. Lembaga pendidikan jarak jauh
memang ada yang mengandalkan bantuan orang tua untuk
mengajar. Misalnya, yang dilakukan di Australia dan Selandia baru
melalui radio atau media lain. Orang tua di daerah terpencil dibekali
untuk dapat mengajar anaknya yang belum mampu belajar mandiri
atau menjadi tutor bagi anak yang sudah dapat mandiri. Cara ini
memang tidak dapat dihindari karena tempat tinggal mereka jauh
dari sekolah yang terdekat. Bagi semua pihak yang tersangkut, baik
pemerintah, orang tua maupun lembaga pendidikan, cara tersebut
dapat dibenarkan dan untuk lingkungan tertentu sangat efisien.
C. Peranan Pendidikan jarak jauh dalam Pemerataan
Pendidikan yang Bermutu
1. Peranan Pendidikan jarak jauh pada Akses Pendidikan
Pendidikan jarak jauh dengan berbagai nama, mulai tingkat
sekolah dasar sampai ke perguruan tinggi sudah pernah dilaksana-
kan di Indonesia dengan hasil yang bervariasi. Ada yang berhasil
baik dan dilaksanakan sampai sekarang, ada yang dihentikan karena
ha~ilnya kurang memuaskan, dan ada yang dihentikan karena kalah
bersaing dengan sekolah yang sudah lebih dikenal. Namun, semua
pendidikan jarak jauh pada semua tingkat dilaksanakan untuk
meningkatkan angka partisipasi sekolah dan untuk mereduksi biaya.
jadi, desain pendidikan jarak jauh adalah untuk meningkatkan akses
pendidikan di semua tingkat.
8