Page 25 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 25
• Pendidikan )arak )auh dalam Konteks Pendidikan Nasional
menjadi kurang relevan. Pendidikan formal juga relevan bagi
kehidupan peserta didik, akan tetapi penekanan kepada pelajaran
formal, mengejar angka, seperti yang dilakukan kebanyakan
lembaga pendidikan kini, melupakan sesuatu yang lebih relevan
bagi kehidupan peserta didik. Pendidikan jarak jauh maupun
pendidikan konvensional keduanya dapat meningkatkan relevansi
pendidikan di semua tingkat.
4. Masalah Efisiensi Pendidikan
Masalah ini hubungannya dengan proses pendidikan, yang oleh
banyak pengamat dan peneliti pendidikan disebut sebagai kotak
hitam, karena dalam prakteknya sukar untuk diketahui proses
pendidikan yang terjadi di dalam maupun di luar kelas: bagaimana
semangat dan cara anak belajar, bagaimana guru mengajar eli kelas,
dan proses pendidikan lainnya yang terjaeli di kelas maupun eli
rumah atau tempat lain. Yang kita ketahui aelalah hasil akhir proses
belajar yang berupa nilai tes dan ujian. Efisiensi pendidikan juga
dapat kita ukur dari segi ekonomi: berapa biaya yang kita keluarkan
untuk mendidik lulusan dengan kualitas seperti ini? Ditinjau dari
segi ini barangkali sekolah-sekolah Indonesia cukup efisien karena
biaya keseluruhan (jumlah dari biaya yang dikeluarkan orangtua,
masyarakat dan pemerintah) yang dikeluarkan untuk menghasilkan
lulusan relatif kecil dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan
banyak negara lain dengan kualitas yang sama. Ditinjau dari segi ini
pendidikan jarak jauh biasanya juga dianggap lebih efisien daripada
pendidikan konvensional karena biaya sarana dan prasarana serta
biaya untuk guru, bagi PJJ jauh lebih sedikit daripada pendidikan
konvensional, belurn lagi biaya yang harus dikeluarkan orang tua
bilamana anak harus hidup di kota lain karena di kota ternpat tinggal
orang tua tidak ada lernbaga pendidikan konvensional yang
diinginkan.
7