Page 24 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 24
Pendidikan ]arak ]auh •
dan disusul dengan pemekaran SMA dan perguruan tinggi secara
cepat pula.
Ada beberapa unsur pendidikan jarak jauh yang dapat diper-
gunakan untuk ikut meningkatkan kualitas pendidikan sekolah
konvensional, sehingga bilamana unsur-unsur tadi dipergunakan
secara meluas di sekolah-sekolah konvensional maka unsur-unsur itu
dapat membantu men ingkatkan pend idikan d i sekolah-sekolah
konvensional tersebut. Unsur-unsur tersebut adalah (1) bahan ajar
yang lebih mudah dimengerti oleh siswa, dan biasanya lebih
bermutu daripada bahan belajar "diktat" yang digunakan di
perguruan tinggi konvensional, karena khusus dirancang untuk
belajar mandiri dan dikembangkan oleh pengajar-pengajar yang
terpilih; (2) ujian yang terkalibrasi; (3) tugas mandiri yang dirancang
khusus supaya siswa dapat bekerja mandiri; (4) pengajaran
berbantuan media noncetak, terutama yang menggunakan teknologi
informasi dan komunikasi.
3. Masalah Relevansi Pendidikan
Masalah ini berkaitan dengan kualitas pendidikan, namun dapat
dibicarakan tersendiri karena banyak lembaga pendidikan yang
berusaha memberikan pendidikan yang berkualitas dengan kriteria
yang kurang relevan dengan kebutuhan hidup peserta didik. Bila
yang diusahakan oleh lembaga pendidikan adalah kecakapan ilmu
pengetahuan yang formal, maka paling tidak ada dua hal yang tidak
diperhatikan. Pertama, pengembangan anak sebagai manusia yang
berkembang secara baik, yang dapat mengarungi kehidupannya
dcngan jelas tanpa terlalu banyak konflik batin, dan yang JUga
peduli terhadap masyarakat dan lingkungan hidupnya. Kedua,
ketrampilan yang diperlukan untuk mencari kerja maupun untuk
nwnghadapi masalah-masalah tekn is dalam keh idupannya dan
kehidupan keluarganya. Tanpa kedua hal itu makd pendidikan
6