Page 24 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 24

Pendidikan  ]arak ]auh   •



       dan  disusul  dengan  pemekaran  SMA  dan  perguruan  tinggi  secara
       cepat pula.
          Ada  beberapa  unsur  pendidikan  jarak  jauh  yang  dapat  diper-
       gunakan  untuk  ikut  meningkatkan  kualitas  pendidikan  sekolah
       konvensional,  sehingga  bilamana  unsur-unsur  tadi  dipergunakan
       secara  meluas di sekolah-sekolah  konvensional  maka unsur-unsur itu
       dapat  membantu  men ingkatkan  pend idikan  d i  sekolah-sekolah
       konvensional  tersebut.  Unsur-unsur  tersebut  adalah  (1)  bahan  ajar
       yang  lebih  mudah  dimengerti  oleh  siswa,  dan  biasanya  lebih
       bermutu  daripada  bahan  belajar  "diktat"  yang  digunakan  di
       perguruan  tinggi  konvensional,  karena  khusus  dirancang  untuk
       belajar  mandiri  dan  dikembangkan  oleh  pengajar-pengajar  yang
       terpilih;  (2)  ujian  yang  terkalibrasi;  (3)  tugas  mandiri  yang dirancang
       khusus  supaya  siswa  dapat  bekerja  mandiri;  (4)  pengajaran
       berbantuan  media  noncetak,  terutama  yang  menggunakan teknologi
       informasi dan  komunikasi.


       3.  Masalah  Relevansi  Pendidikan

          Masalah  ini  berkaitan  dengan  kualitas  pendidikan,  namun dapat
       dibicarakan  tersendiri  karena  banyak  lembaga  pendidikan  yang
       berusaha  memberikan  pendidikan  yang  berkualitas  dengan  kriteria
       yang  kurang  relevan  dengan  kebutuhan  hidup  peserta  didik.  Bila
       yang  diusahakan  oleh  lembaga  pendidikan  adalah  kecakapan  ilmu
       pengetahuan  yang formal,  maka paling tidak  ada  dua hal  yang tidak
       diperhatikan.  Pertama,  pengembangan  anak  sebagai  manusia  yang
       berkembang  secara  baik,  yang  dapat  mengarungi  kehidupannya
       dcngan  jelas  tanpa  terlalu  banyak  konflik  batin,  dan  yang  JUga
       peduli  terhadap  masyarakat  dan  lingkungan  hidupnya.  Kedua,
       ketrampilan  yang  diperlukan  untuk  mencari  kerja  maupun  untuk
       nwnghadapi  masalah-masalah  tekn is  dalam  keh idupannya  dan
       kehidupan  keluarganya.  Tanpa  kedua  hal  itu  makd  pendidikan



       6
   19   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29