Page 19 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 19
Bab I
Pendidikan jarak jauh
Dalam Konteks Pendidikan Nasional
Setijadi
A. Definisi Pendidikan jarak Jauh
Pendidikan jarak jauh (Pjj), adalah belajar yang direncanakan,
yang biasanya terjadi di tempat lain di luar tempat mengajar Oleh
karena itu, diperlukan teknik-teknik khusus desain mata pelajaran,
teknik-teknik khusus pembelajaran, metodologi khusus komunikasi
melalui berbagai media, dan penataan organisasi serta administrasi
yang khusus pula (Moore dan Kearsly, 1996)
Dengan demikian, pada dasarnya pendidikan jarak jauh, adalah
jenis pendidikan di mana peserta didik berjarak jauh dari pendidik,
sehingga pendidikan tidak dapat dilakukan dengan cara tatap muka.
Karena itu penyampaian pesan pendidik kepada peserta didik harus
dilakukan melalui media. Media tersebut dapat berupa media cetak,
radio, televisi, telepon, orang tua, masyarakat awam, komputer atau
media lain yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan.
Karena pesan diberikan melalui media, maka peserta didik
diharapkan dapat belajar secara mandiri. Belajar mandiri tidak perlu
berarti belajar sendiri, akan tetapi yang penting adalah belajar
dengan tanggung jawab sendiri. Bertanya kepada teman peserta
didik, kepada orang lain yang lebih tahu, atau mencari sumber lain,
di perpustakaan misalnya, untuk menjawab pertanyaan, sering