Page 19 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 19

Bab  I



                        Pendidikan jarak jauh

             Dalam Konteks  Pendidikan Nasional



                                        Setijadi



            A.  Definisi Pendidikan jarak Jauh

                Pendidikan  jarak  jauh  (Pjj),  adalah  belajar  yang  direncanakan,
            yang  biasanya  terjadi  di  tempat  lain  di  luar  tempat  mengajar  Oleh
            karena  itu,  diperlukan  teknik-teknik  khusus  desain  mata  pelajaran,
            teknik-teknik  khusus  pembelajaran,  metodologi  khusus  komunikasi
            melalui  berbagai  media,  dan  penataan  organisasi  serta  administrasi
            yang khusus  pula (Moore dan  Kearsly,  1996)
                Dengan  demikian,  pada dasarnya  pendidikan  jarak jauh,  adalah
            jenis  pendidikan  di  mana  peserta  didik  berjarak  jauh  dari  pendidik,
            sehingga  pendidikan  tidak dapat dilakukan  dengan  cara tatap  muka.
            Karena  itu  penyampaian  pesan  pendidik  kepada peserta  didik harus
            dilakukan  melalui  media.  Media tersebut dapat berupa  media cetak,
            radio,  televisi,  telepon,  orang tua,  masyarakat awam,  komputer atau
            media  lain  yang  dapat  digunakan  untuk  menyampaikan  pesan.
            Karena  pesan  diberikan  melalui  media,  maka  peserta  didik
            diharapkan  dapat belajar secara  mandiri.  Belajar mandiri tidak perlu
            berarti  belajar  sendiri,  akan  tetapi  yang  penting  adalah  belajar
            dengan  tanggung  jawab  sendiri.  Bertanya  kepada  teman  peserta
            didik,  kepada  orang  lain  yang  lebih tahu,  atau  mencari  sumber  lain,
            di  perpustakaan  misalnya,  untuk  menjawab  pertanyaan,  sering
   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24