Page 14 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 14
Pendidikan )arak )auh •
bangun sistem yang relatif baru, seperti membangun pendidikan
jarak jauh untuk memekarkan pendidikan dalam waktu yang relatif
singkat. Komponen-komponen dalam sistem pendidikan jarak jauh
sebetulnya dapat digunakan untuk pendidikan konvensional, seperti
bahan ajar yang memudahkan mahasiswa untuk mempelajarinya
sendiri, proses pembelajaran mandiri, ujian yang terkalibrasi,
pengelolaan, dan lain-lain. Lebih dari itu, banyak konsep pendidikan
jarak jauh berasal dari pendidikan konvensional. Belajar mandiri,
misalnya, sudah lama dikenal di perguruan konvensional, meskipun
skalanya tidak sebesar pada lembaga pendidikan jarak jauh.
Pembelajaran modular lebih dahulu diperkenalkan oleh Sekolah
Pembangunan di era tahun 70 hingga 80-an, sebelum konsepnya
dipergunakan oleh Sekolah Menengah Pertama Terbuka dan
Universitas Terbuka.
Kerangka Penulisan
Buku pegangan ini dibagi dalam enam bagian. Bagian pertama
mengenai kedudukan pendidikan jarak jauh dalam pendidikan
nasional, sesuai dengan draf pertama Peraturan Pemerintah tentang
Pendidikan jarak jauh. Akan tetapi ternyata draf tersebut disingkat
dan dijadikan satu dengan draf Peraturan Pemerintah tentang
penyelenggaraan pendidikan. Draf tersebut sudah dibahas oleh
departemen-departemen yang terkait, dan pada waktu ini sudah
diajukan ke DPR untuk dibahas. Karena perubahan dari Rencana
Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Pendidikan jarak jauh menjadi
RPP yang lebih luas cakupannya (RPP Penyelenggaraan Pendidikan),
maka pasal-pasal mengenai pendidikan jarak jauh menjadi jauh
lebih singkat. Karena itu, penerbitan buku ini mungkin lebih
berguna bagi mereka yang sungguh-sungguh ingin mendirikan
pendidikan jarak jauh.
X