Page 15 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 15

•   Pendahuluan



               Bab  pertama  dimulai  dengan  bab  yang  membicarakan
           permasalahan  yang dihadapi  di  bidang pendidikan  dewasa  ini,  serta
           perkembangan  teknologi  informasi  dan  komunikasi  (TIK).  Sesudah
           itu  dibahas  paradigma  pendidikan  jarak  jauh  untuk  meningkatkan
           akses,  kualitas, efisiensi dan  relevansi  pendidikan.
               Bab  kedua  membahas  pendidikan  dasar  dan  menengah  jarak
           jauh,  secara  teoretis  maupun  praktis,  dengan  contoh-contoh  yang
           ada  di  Indonesia.  Pencanangan  wajib  belajar  sembilan  tahun  tidak
           mungkin  dapat  tercapai  dalam  waktu  relatif  singkat,  bila  Indonesia
           tetap  mengandalkan  pendidikan  konvensional  seperti  pada tahun  70
           dan  80-an,  seberapa  pun  uang yang  dianggarkan  untuk  itu.  Oengan
           demikian,  penting  bagi  kita  untuk  dapat  menyelenggarakan
           pendidikan  jarak  jauh,  tidak  hanya  bagi  pendidikan  dasar  --untuk
           ikut  menuntaskan  kewajiban  belajar  sembilan  tahun-- akan  tetapi
           juga  pada  tingkat  pendidikan  menengah.  Sebab,  setelah  tamat
           belajar  sembilan  tahun,  pasti  sebagian  besar  lulusannya  ingin
           melanjutkan  pelajarannya  ke  sekolah  yang  lebih  tinggi.  Bagian  ini
           membahas  beberapa  contoh  sekolah  dasar  dan  sekolah  menengah
           jarak  jauh,  atau  yang  biasa  disebut  SO  Pamong,  SMP  Terbuka,  dan
           SMA  Terbuka.  Meskipun  SO  Pamong  sudah  ditiadakan  pada  tahun
           80-an,  SO  tersebut  sudah  sempat  dipraktekkan  dengan  hasil
           memuaskan.  Sebetulnya  pada  saat  paceklik  ekonomi  seperti
           sekarang  ini,  menghidupkan  kembali  SO  Pamong  sangat  membantu
           meningkatkan  angka  partisipasi  SO,  terutama  di  daerah-daerah  yang
           tertinggal.

               Bab  ketiga  menguraikan  pendidikan  jarak  jauh  di  tingkat
           pendidikan  tinggi.  Setelah  didahului  oleh  pembahasan  secara
           teoretis,  termasuk  pengembangan  perguruan  tinggi  jarak  jauh  (PTjj)
           yang  relatif  sederhana  sampai  ke  yang  canggih  dengan  mengguna-
           kan  TIK  yang  paling  mutakhir,  bagian  ini  juga  dilanjutkan  dengan
           pembahasan  contoh-contoh  perguruan  tinggi  modus  tunggal  dan




                                                                     XI
   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19   20