Page 17 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 17
• Pendahuluan
Pengembangan Manajemen (LPPMJ yang khusus menyelenggarakan
pendidikan jenis ini.
Bab keenam juga merupakan variasi dari PTJJ, dan karena
dianggap penting, maka bagian ini dibahas tersendiri. Peran
pendidikan guru dalam pemekaran sekolah dasar dan '>ekolah
menengah yang diakselerasi seperti sekarang ini sungguh sangat
besar. Bilamana pendidikan guru jarak jauh tidak dapat memberikan
pendidikan yang berkualitas, maka pendidikan pada tingkat dasar
dan menengah akan menderita untuk waktu yang lama. Komporwn
yang tersulit dalam meningkatkan dan mempertahankan kualitas di
sini banyak ditentukan oleh pemantapan pengalaman lapangan.
Tanpa pemantapan pengalaman lapangan yang baik, yang tentunya
harus diselenggarakan di sekolah-sekolah maka kudlitas guru yang
dihasilkan akan bermutu rendah. Teori-teori yang didapatkan oleh
mahasiswd calon guru harus dapat dinyatakan dalam praktek
mengelola kelas atau praktek mengelola penclidikan jarak jauh.
Menyampaikdn teori melalui media cetak atau media lain relatif
mudah, tetapi membuat mahasiswa terampil di lapangan adalah soal
yang cukup sulit, apalagi dalam jumlah banyak yang dibutuhkan
untuk menuntaskan kewajiban belajar prmdidikan sembilan tahun.
Sebagai contoh adalah Pendidikan Guru Sekolah Dasar oleh
Universitas Terbuka, yang dimulai pada tahun 1991 dan hingga kini
sudah nwnyPiesaikan pendidikan 02 bagi lebih dari 400.000 guru
SO di seluruh lndone.,ia.
Kebijakan Editorial
Untuk menulis buku semacam ini oleh beberapa penulis
merupakan tugas yang c:ukup sulit. Lain halnya buku yang berisi
artikel yang lepas-lepas, suatu buku pegdngan menwrlukan konsis-
tensi tertentu supaya tidak mernbingungkan. Meskipun setiap bagian
XIII