Page 12 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 12

Pendidikan  Jarak )auh   •



          8uku  pegangan  praktis  ini  dapat  memberikan  ide-ide  baru,  baik
      bagi  lembaga  pendidikan  konvens1onal  maupun  lembaga  pendidik-
      dn  Jarak  Jauh.  Apabila  terlaksana,  maka  interaks1  antara  lembaga
      pendiclikan  konvensional  dan  lembaga  pendidikdn  jarak  jauh
      nwnJddi  semakin  erat  karend  akan  menguntungkan  kedua  belah
      pihdk.  Pergurudn  konvensional,  yang  ingin  menerima  lebih  banyak
      mumi  dPngdn  sumber  daya  yang  terbatas,  dapat  mencoba  sistem
      cid/,unifudr  sekolah.  Pelajaran  pada  waktu  di  luar  sekolah  dapat
      mempergunakan  komponen-komponen  pendidikan  jarak  jauh,
      ~Pdcmgkdn pPmbeldjaran  dc1lam  sekolah  dapat dibatasi  untuk hal-hal
      yc1ng  tidak  dc1pat  dilakukan  di  luar  sekolah,  seperti  interaksi  guru-
      muriel,  penggunaan  peralc1tan  laboratorium  atau  peralatan  lain  yang
      hanva  didapatkan  di  sekolah.  Dengan  cara  ini  perguruan  tersebut
      ddpat  meningkatkan  penerimaan  murid  secara  substansial,  tanpa
      menambah sumber daya yang signifikan.
          Buku  pegangan  praktis  ini  juga  memuat  hal-hal  yang  teoretis,
      yang  diclasarkan  pada  bacaan,  maupun  yang  praktis,  sesuai
      p('ngalaman  para  penulisnya.  Dengan  demikian buku  ini diharapkan
      clapat  nwnjadi  sumber  ide  bagi  para  pelaksana  atau  perancang
      lembaga  pendidikan  jarak  jauh  untuk  memperbaiki  kinerjanya.
      Mudah-mudah,m  buku  ini  mendapatkan  tanggapan  yang cukup baik
      dalam  lwntuk  kritik  yang  membangun  untuk  memperbaiki  kualitas
      i~inya,  maupun  dalam  lwntuk  tambahan  serta  perbaikannya.  Di
      masa  mendatang  diharapkan  terbit  edisi  yang  kedua  untuk
      menyPmpurnakan buku  pegangan  praktis  ini.


      latar Belakang Historis


          Pada  ~aat  ini,  perhatian  terhadap  pendidikan  jarak  jauh  di
      Indonesia  cukup  besar.   Namun  tidak  selamanya  demikian.
      Pendidikan  jarak  jauh,  selama  sejarah  negara  kita,  timbul  tenggelam




      VIII
   7   8   9   10   11   12   13   14   15   16   17