Page 16 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 16
Pendidikan ]arak ]auh •
perguruan tinggi modus ganda dan modus konsorsium yang terdapat
di Indonesia maupun di negara lain. Universitas ferbuka adalah
contoh PTJJ modus tunggal, Universiti Sains di Penang adalah
modus ganda, dan Open Universities Australia adalah c:ontoh PTJJ
konsorsium. Dibahas pula PTJJ dari generasi pertama sampai
generasi kelima yang mengguna-kan TIK yang paling mutakhir.
Bab keempat adalah tentang pendidikan nonformal jarak jauh.
Meskipun di Indonesia pendidikan jenis ini sudah lama dikenal,
akan tetapi masyarakat tidak menyebutnya sebagai pendidikan jarak
jauh. Di sini dijelaskan mengapa pendidikan nonformal kesetaraan
dan pendidikan anak usia dini, dapat dikatakan pendidikan jarak
jauh dengan menjelaskan bahwa (1) guru-gurunya (desainer modul
belajarnya) berada di pusat (Jakarta), sedangkan siswanya tersebar di
seluruh Indonesia, maka dari itu (2) pendidikan ini menggunakan
media (terc:etak untuk pendidikan kesetaraan, kec:uali pendidikan di
bawah kelas 4 SO yang masih menggunakan media orang tua-orang
tua atau anggota masyarakat lain, termasuk PAUD yang
menggunakan media ibu dari anak peserta didiknya). Sebetulnya
PAUD '>Pkaligus juga mendidik ibu-ibu tentang bagaimana hidup
dan mengasuh anak secara sehat. Paket A yang setara dengan
sekolah dasar dan Paket B setara SMP sudah lama dikenal di
Indonesia. Meskipun menggunakan sistem pendidikan jarak jauh,
pPndidikan nonformal ini lebih dikenal dengan pendidikan yang
diselenggarakan oleh masyarakat di luar sekolah (yang dibantu oleh
guru). Pada waktu ini sudah dikembangkan pula Paket C setara
SMA.
Bab kelima sebetulnya adalah variasi dari PTjj. PTJJ yang sudah
berkernbang juga banyak menyelenggarakan pelatihan profesional
jarak jauh. Pembahasan teoretisnya tidak jauh berbeda dengan
pernbahasan teoretis pendidikan tinggi jarak jauh, tetapi c:ontoh
pelaksanaannya diambil dari Lembaga Pendidikan dan
XII