Page 23 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 23

•   Pendidikan )arak )auh  dalam Konteks Pendidikan Nasional



           perguruan  tinggi  jarak  jauh  tersebut,  yang  dinamakan  Universitas
           Terbuka  (UT),  ikut  serta  meningkatkan  kemampuan  guru  sekolah
           dasar  setara  dengan  tingkat  D-11.  Pendidikan  jarak  jauh  dapat
            melakukan   peningkatan  tersebut  tanpa  banyak  mengganggu
           kelancaran  pelajaran  di  sekolah  dasar  yang  bersangkutan  karena
           guru-gurunya  tetap  dapat  mengajar,  di  samping  meneruskan
           pendidikannya.


           2.  Masalah Kualitas  Pendidikan
               Memperbanyak    sekolah   secara   besar-besaran   seperti   di
           Indonesia  dengan  INPRES  SD,  barangkali  belum  pernah  dikerjakan
           di  mana  pun  di  dunia  ini.  Meskipun  demikian,  pengembangan
           sekolah  secara cepat,  selalu  menimbulkan  masalah  kualitas.  Artinya,
           sekolah-sekolah  yang  baru  biasanya  tidak  dipersiapkan  dengan  baik
           sehingga terjadi  kemerosotan  kualitas, apakah  itu kualitas kurikulum-
           nya,  gurunya,  gedungnya,  peralatan  pelajarannya,  atau  yang  lain
           lagi,  yang  kemudian  menghasilkan  kemerosotan  hasil  belajar.
           Karena  memang  tidak  mungkin  menyiapkan  pemekaran  sekolah
           sedemikian  banyaknya  (sampai  lebih  dari  10.000 SD  tiga  kelas  per
           tahun  pada  waktu  jaya-jayanya  SD  INPRES)  dengan  cermat.  Karena
           itu,  tidak  seyogyanya  kita  membandingkan  kualitas  pendidikan
           sekolah  pada  waktu  pemekaran  dengan  kualitas  pendidikan  sekolah
           sebelumnya.  Belum  lagi  bila  yang  menjadi  bahan  pembanding
           adalah  sekolah-sekolah  di  zaman  'normal',  di  mana  gaji  guru  dan
           keperluan  sekolah  tersedia dengan  cukup.  Namun demikian,  hal  itu
           tidak  berarti  bahwa  kual it  as  tidak  dapat  d i naikkan  ·setelah  sekolah-
           sekolah  tersebut  berdiri.  Dalam  hal  ini  pendidikan  jarak  jauh  juga
           dapat  dipertimbangkan,  meskipun  pendapat  umum  mengatakan
           bahwa  tidak  mungkin  pendidikan  jarak  jauh  dapat  lebih  tinggi
           mutunya  daripada  pendidikan  konvensional.  Pemekaran  yang cepat
           dari  SD  ini  kemudian  mengakibatkan  pemekaran  cepat  dari  SMP



                                                                     5
   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27   28