Page 27 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 27

•   Pendidikan )arak )auh  dalam  Konteks Pendidikan Nasional



               Pendidikan  jarak  jauh  pada  tingkat  sekolah  dasar  dimulai
           dengan  Paket  A  setara  SD.  Paket  A  digagas  dan  dilaksanakan  oleh
           pendidikan  luar  sekolah.  Semula  Paket  A  setara  SD  tidak  dilihat
           sebagai   sungguh-sungguh  setara  karena  kurikulumnya  cukup
           berlainan,  akan  tetapi  setelah  pemerintah  mencanangkan  vvaj ib
           belajar  enam  tahun  dan  ternyata  Paket  A  memberikan  kontribusi
           yang  tidak  sedikit  pada  partisipasi  anak  umur  6  sampai  12  tahun
           pada  tingkat  SD,  maka  Paket  A  dalam  statistik  resmi  dimasukkan
           sebagai  ekuivalen  dengan  SD.  Paket  A  sebetulnya  tidak  pernah
           dinamakan  pendidikan  jarak  jauh,  akan  tetapi  ia  menggunakan
           unsur-unsur  pendidikan  jarak  jauh:  modul  belajar,  partisipasi
           masyarakat  dan  orang  tua  untuk  ikut  membina  Paket  A,  dan
           pembinaan  dilakukan  secara  terpusat.  Yang  lebih  tepat  disebut
           belajar jarak jauh di tingkat SD  adalah  SD  Pamong SD  ini  mengikuti
           kurikulum  SD  secara  lengkap  dan  dibina  oleh  guru-guru  SD
           setempat.  Modul  belajar  dan  ujian  dibuat terpusat.  Anak dibiasakan
           untuk  belajar  mandiri  sejak  ia  dapat  membaca dan  menulis.  Belajar
           dalam  kelas  dibatasi  seminimum  mungkin,  sehingga  anak  dapat
           membantu orang tuanya  untuk bertani  sambil  belajar.  Sayangnya SD
           Pamong tidak dilaksanakan  secara  meluas di  luar daerah  percobaan,
           karena  pada  saat  itu  SD  lnpres  sudah  sangat  meluas  sehingga
           pemerintah tidak merasa  perlu  untuk melanjutkan  SD  Pamong.  Pada
           saat  ini  mungkin  sistem  Pamong  dapat  sangat  membantu  dalam
           meningkatkan  angka  partisipasi  anak  umur  6  sampai  12,  tanpa
           membuat gedung baru dan mengangkat guru-guru baru.
               Pcndidikan  jarak  jauh  pada  tingkat  SLTP  dimulai  dengan  SMP
           terbuka yang didesain  sebagai  pendidikan  jarak  jauh.  Pendidikan  ini
           dimaksudkan  untuk memberikan akses  kepada anak  umur 12  sampai
            1 5 tahun  karena  tidak dapat tertampung di SMP  konvensional.  SMP
           terbuka  juga  lama  sekali  mendapatkan  pengakuan  pemerintah
           sebagai  alternatif pendidikan  untuk  meningkatkan  akses  pendidikan
           pada  tingkat  itu.  Baru  setelah  pencanangan  vvajib  belajar  9  tahun,


                                                                     9
   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31   32