Page 28 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 28
Pendidikan ]arak ]auh •
SMP terbuka menjadi alternatif pendidikan yang diselenggarakan
secara meiuas. Sekarang SMP terbuka sudah menjadi bagian integral
dari sistem pendidikan di Indonesia.
2. Membuat Pendidikan jarak jauh yang Bermutu
Mutu pendidikan pertama-tama tergantung dari mutu
masukannya, yaitu mutu peserta didiknya. Akan tetapi perguruan
tinggi jarak jauh biasanya juga pendidikan terbuka, yang berarti
lembaga PTJJ tidak menyeleksi masukannya. Dengan demikian,
siapapun yang ingin masuk PfJJ akan diterima. Demikian pula bagi
pendidikan dasar. Karena pendidikan dasar wajib, semua anak usia
pendidikan dasar harus masuk sekolah dasar dan sekolah menengah
pertama. Baik sekolah dasar maupun sekolah menengah pertama,
apakah sekolah itu sistem jarak jauh atau tatap muka, harus
menerima siapa saja yang ingin masuk sekolahnya. Bila mutu
peserta didik baik, maka hasil pendidikannya biasanya juga akan
baik. Bila peserta didik tidak bermutu, maka sulit bagi lembaga
pendidikan untuk membuat peserta didiknya berhasil baik. Bagi
peserta didik PJJ mutu yang baik tidak hanya ditentukan oleh
kecerdasan otaknya, akan tetapi juga kemauannya untuk bel ajar
mandiri. Meskipun peserta didik PJJ pandai, apabila tidak disiplin
untuk belajar mandiri akan gagal. Mutu pendidikan suatu lembaga
tidak bisa hanya tergantung dari mutu peserta didiknya. Bila proses
pendidikannya baik, maka hasil yang dicapainya juga bisa baik,
meskipun peserta didiknya mula-mula kurang bermutu. Proses
pendidikan suatu lembaga PJJ dapat baik bilamana didukung oleh
bahan ajar yang baik, tutorial dan bantuan belajar lainnya yang baik,
ujian yang baik, dan prosedur operasional lain yang memadai.
Antara masukan dan proses pendidikan saling mempengaruhi.
Lembaga PJJ yang proses pendidikannya baik, menjadi terkenal dan
dicari oleh calon peserta didik yang memang memerlukannya.
10