Page 29 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 29
• Pendidikan ]arak ]auh dalam Konteks Pendidikan Nasional
Sekali lagi, hanya peserta didik yang rnernpunyai disiplin dan
ketegaran untuk belajar rnandiri akan berhasil di Pjj.
3. Sarana dan Prasarana Pendidikan jarak jauh yang Bermutu dan
dapat Menjangkau Semua Anak yang Memerlukannya
Sudah jelas bahwa sarana karnpus sepcrti lernbaga pendidikan
konvensional tidak diperlukan. Meskipun dernikian, perlu ada
saran a yang dapat d igunakan sebagai kantor pusat PJJ. Sar ana
tersebut rneliputi perkantoran bagi staf edukatif dan adrninistrasi
untuk rnelaksanakan tugas rnereka sehari-hari. Sarana perkantoran
staf adrninistrasi tidak ada bedanya dengan sarana staf adrninistrasi
di lernbaga PJJ konvensional, akan tetapi untuk staf edukatif perlu
ada sarana yang cukup berbeda dengan PJJ konvensional. Selain
perpustakaan, yang perlu dirniliki oleh scrnua lernbaga pendidikan,
rnaka staf edukatif PJJ rnernerlukan sarana kornputer dalarn rangkaian
jaringan lokal yang diperuntukkan untuk pengernbangan dan
pengadaan bahan ajar, studio media audio dan video, gudang
penyirnpanan dan distribusi bahan ajar, suatu unit pengujian yang
bertugas rnenganalisis dan rnenyirnpan bahan dan hasil ujian, dan
bi Ia peri u sebuah percetakan untuk mencetak bah an ajar tercetak.
Tetapi kemungkinan lebih efisien kalau percetakan bahan ajar
dilakukan perusahaan profesional di luar lembaga PJJ.
Bilamana PJJ ingin melaksanakan belajar-e, maka sambungan
internet berpita Iebar adalah kebutuhan mutlak.
4. Sumber daya manusia bagi PJJ yang bermutu
Sumber daya manusia (SDM) yang bermutu perlu dimiliki oleh
setiap lembaga PJJ. Hanya saja kebutuhan SDM khusus bagi PJJ tidak
sama dengan kebutuhan SDM untuk lembaga pendidikan konvensi-
onal. SDM akademik untuk lernbaga pendidikan konvensional harus
11