Page 32 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 32

Pendidikan )arak )auh   •


       berdasarkan  pilihan teknologi  dan  bagaimana  sumber daya  manusia
       digunakan  (termasuk  di  dalamnya  penggunaan  tenaga  lepas
       dibandingkan dengan tenaga tetap).  Pengaruh  praktek kerja terhadap
       biaya penyelenggaraan  pendidikan jarak jauh cukup besar.
           Negara-negara  yang  berpenduduk  jarang  dan  tersebar,  seperti
       Australia dan  Selandia  Baru,  tidak mempunyai perguruan tinggi  jarak
       jauh  yang  besar.  Bahkan  negara-negara  tersebut  jarang  mempunyai
       perguruan  tinggi  jarak  jauh  modus  tunggal.  Pendidikan  jarak  jauh
       kebanyakan  diselenggarakan  oleh  perguruan  tinggi  konvensional
       (modus ganda),  sehingga  perhitungan  biayanya juga berbeda.  Dosen
       dalam  perguruan  tinggi  konvensional  juga diserahi  mengampu  mata
       kuliah  PJJ  yang  sama,  karena  jumlah  mahasiswa  yang  mengikuti
       program  pendidikan  jarak  jauh  juga  tidak  banyak.  lnteraksi  antara
       mahasiswa  dan  dosen  juga  lebih  mudah  d iselenggarakan  karen a
       kampus  konvensionalnya  sudah  ada,  sehingga  biaya  infrastruktur
       tambahan juga dapat dikurangi banyak.

           Pada  saat  ini  sudah  banyak  pendidikan  jarak  jauh  yang
       diselenggarakan  oleh  gabungan  berbagai  perguruan  tinggi  (modus
       konsorsium).  Di  Australia  dilakukan  dengan  cara  menyelenggarakan
       program  studi  penuh  atau  mata  kuliah  individual  yang  dapat
       ditransfer  ke  perguruan  tinggi  yang  menjadi  anggota  konsorsium
       untuk  menjadi  bagian  dari  program  studi  pendidikan  konvensional.
       Cara  penghitungan  biaya  rTlllngkin  serupa  dengan  penghitungan
       pendidikan tinggi  jarak jauh  modus ganda,  hanya  lebih  rumit karena
       meliputi  berbagai  institusi,  cara  penghitungannya  mungkin  lain.
       Menurut penulis belum ada seorangpun yang membandingkan biaya
       pendidikan  jarak  jauh  modus  konsorsium  maupun  modus  ganda
       dengan  biaya  pendidikan  tinggi  konvensional,  meskipun  dapat
       dikatakan  bahwa  biayanya  lebih  rendah  dari  biaya  pendidikan
       mahasiswa konvensional.






       14
   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37